Turut Serta Memberdayakan Karang Taruna RW 04 Kelurahan Tembalang, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Demonstrasi Pembuatan Liquid Soap

Tembalang (08/12/2023). RW 04 Kampung Seni dan Budaya merupakan salah satu wilayah di Kelurahan Tembalang, Kota Semarang. Warga RW 04 ini sebagian besar masih berada pada usia remaja dan tergabung dalam kelompok karang taruna. Salah satu permasalahan yang muncul dalam kegiatan karang taruna RW 04 adalah kurangnya antusiasme dan pemberdayaan terhadap anggotanya.

Pembuatan liquid soap dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pemberdayaan anggota karang taruna dan meningkatkan antusiasme para anggota. Liquid soap dapat digunakan sebagai sabun cuci tangan dan dapat dibuat dari bahan organik yang mudah dijumpai, serta proses pembuatannya pun sederhana.

Gambar 1. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat liquid soap

Dengan ide tersebut, mahasiswa KKN Lingkar Kampus UNDIP 2023 dengan dosen pembimbing lapangan, yaitu Bapak Darwanto, S.E., M.Si., M.Sy. melaksanakan kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan liquid soap pada anggota karang taruna RW 04 Kelurahan Tembalang. Sosialisasi dan demonstrasi ini diikuti oleh beberapa anggota karang taruna di RW 04 dan dilaksanakan pada Jumat, 08 Desember 2023.

Demonstrasi pembuatan liquid soap diawali dengan kegiatan berupa sosialisasi bahan-bahan yang digunakan beserta fungsi masing-masing bahannya. Proses pembuatan liquid soap terdiri dari empat tahapan, yaitu pembuatan base sabun dari larutan KOH, pencampuran ekstrak buah mulberry (dalam hal ini dapat diganti dengan bahan lain, seperti madu dan lemon), pencampuran aroma parfum dan pewarna kosmetik, serta pengadukan semua bahan-bahan tersebut.

Gambar 2. Sosialisasi dan demonstrasi pembuatan liquid soap di karang taruna RW 04

Demonstrasi pembuatan liquid soap diharapkan dapat bermanfaat bagi para remaja yang tergabung dalam karang taruna. Demonstrasi pembuatan liquid soap memiliki target yang cocok dengan kapasitansi dari pengembangan liquid soap ini yaitu karang taruna. Salah satu buktinya ketika pada sesi diskusi pertimbangan untuk dikembangkan menjadi bisnis muncul dari pemikiran karang taruna setempat sehingga menjadi wadah dalam pengembangan paradigma dengan liquid soap sebagai jembatannya. Berdasarkan demonstrasi pembuatan liquid soap pada karang taruna dapat menjadi pengembangan lain dengan penyaluran informasi ke kalangan lain selain pemuda namun dengan pemuda sebagai agen dalam penyebaran informasi tersebut. Pembuatan liquid soap juga dapat meningkatkan kreativitas para remaja dalam menciptakan peluang baru bagi warga RW 04. Tak lupa pula, dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemberdayaan para remaja khususnya anggota karang taruna di lingkungan RW 04.

Gambar 3. Partisipasi aktif anggota karang taruna RW 04  dalam kegiatan demonstrasi pembuatan liquid soap 

Penulis:

1. Gita Putri Prastiwi

2. Mahasiswa Tim KKN-T Tema 6 Lingkar Undip 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *