Teknologi Near Field Communication (NFC)

Near Field Communication adalah fitur konektivitas wireless jarak dekat pada gadget yang dapat membantu memindahkan data dari suatu perangkat ke perangkat lain dalam posisi berdekatan, singkat, dan tanpa adanya kabel, mempermudah proses transaksi, serta mengakses konten digital pada perangakat elektronik dengan satu sentuhan.

Near Field Communication bekerja pada frekuensi 13.65 MHz dengan kecepatan rata-rata 106-848 Kbps. Dalam prosesnya, NFC melibatkan inisiator yang berfungsi sebagai penghasil frekuensi radio untuk mengaktifkan target pasif dan target yang berfungsi untuk mengidentifikasi faktor-faktor sederhana pada device.

Prinsip kerja NFC umumnya hampir sama dengan Bluetooth dan Wi-Fi yang menggunakan koneksi wireless berbasis frekuensi radio. Namun, NFC melakukan koneksi dengan cara mendekatkan perangkat, frekuensi yang digunakan cenderung rendah, yaitu 13.56 MHz dengan jarak transfer NFC tidak lebih dari 20 cm. NFC hanya dapat mentransfer data yang memiliki kapasitas rendah dan waktu set up koneksi NFC hanya kurang dari 0,1 detik.

NFC dapat berkomunikasi menggunakan NFC Reader dan NFC Tags. NFC Reader merupakan gadget pengguna yang memiliki fitur NFC, sedangkan NFC Tags adalah terminal kecil dengan sebuah Chip (IC) NFC dan antena radio yang terintegrasi didalamnya. NFC Tag berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi. Transfer data NFC dilakukan karena adanya medan elektromagnetik. Saat gadget didekatkan ke Terminal NFC, NFC Reader akan mengaktifkan signal di dalam NFC Tag. Kemudian kedua perangkat ini dapat terkoneksi. NFC Reader mengambil informasi di dalam NFC Tag dan NFC Reader mengirimkan informasi yang diperoleh ke dalam server.

Kelebihan penggunaan NFC dibandingkan Bluetooth dan Wi-Fi adalah NFC memiliki kemampuan intuitif, serba guna, berbasis standar, teknologi yang digunakan cepat, sederhana, bekerja dengan jarak yang dekat, bekerja dengan teknologi kartu contactless, dan dijamin keamanannya.


Sumber : media.neliti.com https://media.neliti.com/media/publications/237558-aplikasi-peran-dan-kegunaan-teknologi-ne-8ae0f75b.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *