Mahasiswa Tim KKN Tematik UNDIP Gagas Pembuatan Peta Administrasi dan Fasilitas Umum di Kampung Jurang Blimbing RW 04 Kelurahan Tembalang

Tembalang, Semarang – Jumat (22/12/2023) Kebutuhan informasi administrasi desa mencakup mulai dari batas desa, batas RT, jaringan jalan, penggunaan lahan, sarana, serta prasarana. Mahasiswa KKN memberikan inovasi sebuah peta yang mampu digunakan untuk inventarisasi data sebagai dasar perencanaan pembangunan infrastruktur yang dapat berkelanjutan baik tingkat RT  ataupun hingga kelurahan atau desa. Dari arsip yang telah ada, Kelurahan Tembalang telah memiliki peta administrasi hingga tingkat RW, namun belum mencakup batas RT dan sebaran fasilitas yang ada.

KKN Tematik UNDIP sendiri dilaksanakan mulai tanggal 20 November 2023 di RW 04 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Kegiatan KKN dimulai dengan kegiatan berkunjung kepada Ketua RW 04 serta survei instansi di kantor Kelurahan Tembalang. Hasil survei instansi tersebut didapatkan penentuan program kerja monodisiplin, yakni pembuatan peta administrasi dan peta fasilitas umum di Kampung Seni dan Budaya Jurang Belimbing, RW 04 Tembalang. Program ini dilaksanakan untuk menyediakan data geospasial berupa peta administrasi dengan pendetailan batas – batas RT yang belum dimiliki oleh Pemerintah Kelurahan Tembalang khususnya RW 04. Kegiatan program ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKN, perangkat desa, dan masyarakat RW 04 secara umum. Program ini dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan, meliputi permohonan data kepada kantor Kelurahan Tembalang, survei lapangan dan validasi (3/12), revisi hasil validasi (10/12), pencetakan dan finishing produk peta hingga penyerahan produk kepada pemerintah RW 04  (17/12).

Peta administrasi dan fasilitas umum Jurang Belimbing yang telah dibuat diserahkan oleh mahasiswa KKN Tematik lingkar UNDIP kelurahan tembalang 2023 kepada bapak ketua RW 04 yang diwakili oleh Ibu Ati pada tanggal 17 Desember 2023 di panggung balai RW 04. Dengan adanya tambahan fasilitas umum berupa peta administrasi dan fasilitas umum ini diharapkan warga RW 04 dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap fasilitas umum dan administrasi yang penting. Selain itu dengan adanya peta administrasi dan fasilitas umum Jurang Belimbing ini dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan sosial diantara warga RW 04. Dengan mengetahui lokasi fasilitas umum dan administrasi, warga RW 04 akan menjadi lebih peduli dan merasa bertanggung jawab atas pengelolaan fasilitas umum di RW 04. Dan dengan fasilitas umum yang selalu terjaga dengan baik maka kualitas hidup warga RW 04 akan semakin meningkat.


Penulis: Mahasiswa Tim KKN-T Tema 6 Lingkar Undip 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *