Erupsi Gunung Berapi Menyebabkan Penurunan Suhu Bumi

Sumber : Eva Kali /stock.adobe.com

Direktur pusat studi First Americans dan professor di Universitas A&M Texas, serta koleganya dari Universitas Baylor dan Universitas Houston melakukan publikasi terhadap temuannya dalam dunia sains. Beberapa peneliti percaya bahwa terjadi peristiwa penurunan suhu bumi yang disebabkan oleh benda-benda luar angkasa, seperti meteor yang tabrakan dengan bumi. Tetapi Waters dan timnya menemukan fakta bahwa peristiwa tersebut bukan disebabkan oleh meteor melainkan erupsi gunung berapi.

Waters mengemukakan bahwa terdapat gua Hall di Texas yang memiliki lapisan sedimen lebih dari 20.000 tahun. Waters telah meneliti gua Hall sejak 2017 dan menemukan fakta bahwa lapisan sedimen ini berasal dari letusan gunung berapi. Lapisan sedimen ini pertama kali diidentifikasi oleh Thomas Stafford di Laboratorium Penelitian Stafford, Colorado.

Dalam jangka waktu yang lama, ditemukan bahwa peristiwa pembentukan lapisan sedimen hasil erupsi gunung berapi menyebabkan punahnya mamalia besar seperti mammoth, kuda, dan unta yang pernah berkeliaran di Amerika Utara. Hasil penelitian ini juga menunjukkan tanda geokimia yang terkait dengan peristiwa penurunan suhu bumi. Alan Brandon, seorang professor geosains di Universitas Houston serta kepala tim peneliti mengatakan bahwa peristiwa ini pernah terjadi empat kali antara 9.000 hingga 15.000 tahun yang lalu. Pemicu terjadinya pendinginan bukan berasal dari luar angkasa dan bukti geokimia sebelumnya mengenai ledakan meteor di atmosfer adalah erupsi gunung berapi yang besar.

Brandon mengatakan bahwa erupsi gunung berapi adalah penjelasan yang sangat mungkin untuk saat ini. Setelah gunung berapi meletus, penyebaran aerosol secara global mencerminkan radiasi matahari yang masuk dan menyebabkan pendinginan global satu hingga lima tahun, tergantung besarnya intensitas dan waktu letusan gunung tersebut.

Brandon dan tim peneliti dari Universitas Houston menyelesaikan penelitian di gua Hall dengan menemukan unsur-unsur seperti Iridium, Ruthenium, Platinum, Palladium dan Rhenium dalam jumlah yang tidak proporsional. Hal ini menguatkan fakta penurunan suhu bumi tidak disebabkan oleh benda luar angkasa, karena asteroid maupun meteor tidak dapat menghasilkan unsur-unsur tersebut. Hasil analisis isotop unsur-unsur tersebut berasal dari erupsi vulkanik serta menyebakan pendinginan secara substansial pada tahun sebelum terjadi letusan.


Sumber : science.daily https://www.sciencedaily.com/releases/202

One Reply to “Erupsi Gunung Berapi Menyebabkan Penurunan Suhu Bumi”

  1. Hal ini menguatkan fakta penurunan suhu bumi tidak disebabkan oleh benda luar angkasa, karena asteroid maupun meteor tidak dapat menghasilkan unsur-unsur tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *