3 Fakta Unik Tentang Vitamin C

Ascorbic acid atau yang biasa dikenal dengan vitamin C merupakan nutrisi pembentuk kolagen, yaitu zat yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi. Selain itu vitamin ini berperan penting dalam metabolisme tubuh dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C seperti layaknya hewan, sehingga sangat penting untuk mendapatkan asupan vitamin C dari makanan setiap harinya. vitamin ini seringkali ditemukan dalam kandungan buah dan sayuran, selain itu saat ini vitamin C dapat ditemukan di berbagai produk baik minuman maupun suplemen. Dibalik segudang manfaat vitamin C terdapat fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut ini merupakan 3 fakta menarik tentang vitamin C.

Vitamin C Dapat Menghambat Penuaan Dini pada Kulit

Vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Zat ini dapat mencegah dan melindungi kerusakan dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Kandungan antioksidan dan antiradang terbukti efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Vitamin C juga diduga dapat membantu mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit. Manfaat lain dari vitamin C untuk kulit adalah menunjang produksi kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang berperan penting dalam memberikan elastisitas dan kelenturan kulit serta mendukung proses penyembuhan luka alami pada kulit.

Kadar Vitamin C Akan Turun jika Disimpan Terlalu Lama

Menyimpan buah atau sayuran yang mengandung vitamin C terlalu lama dapat menurunkan kadar atau kualitas si vitamin C ini. Hal ini berdasarkan riset dari para ahli di Universitas of Maryland Medical Centre yang menyatakan bahwa memasak atau menyimpan makanan yang mengandung vitamin C dalam waktu lama, bisa mengurangi kadar vitamin tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dalam keadaan yang masih segar.

Jambu Biji Merupakan Sumber Vitamin C Paling Tinggi

Pada 100 gram buah jambu biji, terkandung 228 mg vitamin C. Dalam satu cangkirnya, jambu biji mengandung 377 mg vitamin C dan 9 gram serat, melebihi kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan vitamin C pada jambu ini mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak 140 persen.


Sumber:

alodokter.com

cni.co.id

www.cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *