Tim KKN Tematik Undip Bangkitkan Peluang Usaha melalui Inovasi Produk Garam Kosmetik dan Branding Digital di Desa Kaliwlingi, Brebes

Desa Kaliwlingi merupakan salah satu desa di Kabupaten Brebes yang wilayahnya terletak dekat dengan laut. Lokasi yang startegis ini membuat sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani garam. Salah jenis garam yang cukup terkenal di daerah ini adalah  garam rebus yang sudah diproduksi secara turun temurun sejak jaman penjajahan Belanda.

Sesuai kondisi sosial ekonomi masyarakat pesisir setempat, usaha garam rebus sangat potensial. Salah satu kelompok usaha garam rebus di Desa Kaliwlingi adalah Koperasi Mekar Sari yang merupakan sebuah wadah bagi ibu ibu setempat untuk memasarkan hasil produksinya. Koperasi ini sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan total anggota sebanyak 22 orang dan diketuai oleh ibu Dayuni.

Koperasi Mekar Sari ini dibentuk atas dasar kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Produksi untuk setiap pengolahan garam rebus rata-rata 40-50 kg per hari dengan harga jual Rp 6000,-/kg untuk garam yang tidak beryodium dan untuk garam konsumsi yang beryodium dengan kemasan 250 gram dijual dengan harga Rp 3000,-.

Tuntutan konsumen dan persaingan pasar selalu berubah mengikuti perkembangan zaman menuntut pelaku usaha garam rebus untuk melakukan inovasi dan pengembangan produknya. Hal tersebut  menginisiasi sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) untuk menciptakan inovasi garam kosmetik untuk meningkat nilai jual dan kegunaan. Selain itu, diadakan penyuluhan branding digital sebagai sarana pencerdasan masyarakat Kaliwlingi yang masih terkendala dalam hal pemasaran.

Menurut Isabella selaku koordinator KKN, pengembangan peluang usaha di sektor ini cukup menjanjikan. Pasalnya jumlah petani garam di Desa Kaliwlingi cukup banyak, serta bahan bakunya mudah didapat dan sangat melimpah. Hal tersebut membuka kesempatan baru untuk mengembangkan produk garam kosmetik.

Pada Kamis, 4 Agustus 2022 telah dilaksanakan penyuluhan mengenai inovasi pembuatan garam kosmetik dan digital marketing bersama anggota Koperasi Mekar Sari. Penyuluhan ini merupakan kolaborasi mahasiswa KKN Tematik UNDIP dari beberapa fakultas, seperti FEB, FT, FIB, FSM, SV, dan FPIK di bawah bimbingan Dr. Ir. Retno Hartati, M.Sci, Dr. Ir. Widianingsih, MSc. dan Ir. R.T.D. Wisnu Broto, M.T.  Kegiatan ini difasilitasi oleh PKUM (Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat).

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dari partisipasi keikutsertaan masyarakat dalam demonstrasi pembuatan produk garam kosmetik dan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber.

“Materi yang disampaikan para pembicara mudah dipahami, dengan adanya acara tersebut saya jadi lebih mengetahui potensi garam dan ingin mengembangkannya menjadi usaha yang berkelanjutan”. Ujar Ibu Dayuni sebagai Ketua Koperasi Mekar Sari.

Dengan acara penyuluhan ini, diharapkan mampu membantu masyarakat dalam mengembangkan inovasi hasil produksi yang memiliki nilai jual lebih dan memperluas jangkauan distribusi pemasaran produk.

10 Replies to “Tim KKN Tematik Undip Bangkitkan Peluang Usaha melalui Inovasi Produk Garam Kosmetik dan Branding Digital di Desa Kaliwlingi, Brebes”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *