Produsen Semen Terbesar di Indonesia

Tahukah Anda Produsen Semen Terbesar di Indonesia?
Oleh: Mar’atu Masyaroh

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri semen yang merupakan produsen semen terbesar di Indonesia. Hingga tahun 2021, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi di angka 41-42 juta ton. Peningkatan kapasitas produksi ini dilakukan karena jumlah kebutuhan semen yang semakin meningkat serta untuk mengamankan pangsa pasar.

Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden Soekarno, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memiliki kapasitas produksi 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 saham perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (kini menjadi Bursa Efek Indonesia) serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Komposisi pemegang saham pada saat itu ialah negara RI 73% dan masyarakat 27%.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada awal peresmiannya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk, namun pada taanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan, namanya diganti menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional. Saat ini kapasitas terpasang Semen Indonesia sebesar 29 juta ton semen per tahun, dan menguasai sekitar 42% pangsa pasar semen domestik.

Perusahaan semen yang memiliki kantor pusat di Gresik Jawa Timur ini memiliki anak perusahaan yang lokasinya tersebar di Indonesia mulai dari di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Sementara di luar Indonesia, perusahaan ini memiliki pabrik di Vietnam untuk memasok kebutuhan semen di seluruh tanah air. Anak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk antara lain adalah PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, dan Thang Long Cement.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memproduksi berbagai jenis semen. Semen utama yang diproduksi adalah semen Portland Tipe II-V (Non-OPC). Di samping itu, juga memproduksi berbagai tipe khusus dan semen campur (mixed cement), untuk penggunaan yang terbatas. Diantaranya adalah semen Portland Tipe I, semen Portland Tipe II, semen Portland Tipe III, semen Portland Tipe V, Special Blended Cement (SBC), Super Masonry Cement (SMC), Portland Pozzolan Cement (PPC), Portland Composite Cement (PCC), dan lain-lain.


Sumber : semenindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *