Produksi Minyak Atsiri dari Kayu Manis Menggunakan Teknik Hidrodistilasi Vakum

Sumber : www.ulyadays.com

Tanaman kayu manis adalah salah satu keanekaragaman hayati yang tumbuh subur di Indonesia. Dengan jumlah yang cukup berlimpah, tanaman ini biasanya dijual dalam bentuk kulit kayu manis kering dan digunakan sebagai rempah-rempah atau bumbu masakan. Sayangnya, banyak orang belum menyadari bahwa kayu manis dapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi apabila diolah terlebih dahulu.

Menurut Thomas dan Duethi (2001), tanaman kayu manis mengandung berbagai senyawa seperti minyak atsiri, eugenol, safrole, cinnamaldehyde, tannin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyemak. Di antara berbagai senyawa tersebut, kandungan terbesar berada pada senyawa cinnamaldehyde dengan konsentrasi sebesar 70%. Senyawa ini dapat digunakan sebagai pemberi aroma pada makanan, parfum, bahan baku fungisida maupun insektisida.

Untuk mengambil minyak atau senyawa dalam kayu manis, diperlukan suatu metode yang dinamakan hidrodistilasi, yaitu varian dari distilasi uap yang biasa digunakan untuk mengisolasi minyak atsiri dalam tanaman. Tanaman direndam dalam air selama beberapa waktu hingga tercampur membentuk larutan homogen, kemudian dipanaskan hingga suhu tertentu sehingga senyawa dengan titik didih rendah akan menguap sebagai hasil atas dan tersisa senyawa kental dengan titik didih tinggi sebagai hasil bawahnya.

Proses ini juga dapat dioptimalkan dengan menggunakan pompa vakum selama proses hidrodistilasi agar minyak atsiri tidak mudah terdekomposisi pada sistem operasi bersuhu rendah. Dengan metode dan kondisi operasi yang baik, metode hidrodistilasi dapat memberikan yield yang cukup besar yaitu 3,02 gram minyak per 100 gram kayu manis dalam rentang waktu 4,5 jam, di mana kualitas minyak atsiri yang dihasilkan telah memenuhi SNI dengan konsentrasi sebesar 72,6%.


Sumber : https://www.neliti.com/publications/142457/inovasi-produksi-minyak-kayu-manis-dengan-menggunakan-teknik-hidrodistilasi-vakum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *