Nano Hologram: Hologram Tertipis di Dunia

Hologram bergerak yang muncul secara 3 dimensi ini tadinya hanya dapat dilihat dalam film seperti Avatar dan Starwars, namun mereka mencoba membuat hal ini menjadi nyata dan dapat diterapkan pada media elektronik masa kini.

Ditemukan oleh tim peneliti Australia-China untuk diaplikasikan pada smartphone, TV, dan computer. Saat ini tim perintis yang dipimpin oleh Professor Min Gu, salah satu professor terkenal dari RMIT University berhasil mendesain nano-hologram yang sederhana, dapat dilihat tanpa kacamata khusus, dan ukurannya 1000x lebih tipis daripada rambut manusia.

Nano hologram ini juga dibuat menggunakan laser penulis super cepat yang memungkinkan penggunaan dalam skala besar dan jumlah yang sangat banyak.

Mulai dari bidang medis hingga pendidikan, peneliti mengungkapkan bahwa hologram ini dapat diterapkan dalam skala industri dan kita sudah selangkah lebih dekat pada revolusi.

Tim Peneliti RMIT, bekerjasama dengan Institut Teknologi Beijing (BIT), telah memecahkan batas ketebalan ini dengan hologram berukuran 25 nanometer.

Dr Zengyi Yue, berkata: “Langkah selanjutnya dari penelitian ini adalah mengembangkan film tipis dan kaku yang dapat ditempatkan didalam layar LCD untuk menghasilkan tampilan 3 dimensi.

“Ini juga termasuk memperkecil ukuran pixel hologram kami, membuatnya paling tidak 10x lebih kecil.”

“Tapi diluar semuanya itu, kami mencoba membuat film yang tipis dan elastis yang dapat digunakan di seluruh permukaan, membuka cakrawala aplikasi holografi.”


Sumber: Siencedaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *