Mengenal Teknologi 5G

Infografis by Valencia Febriana

Sistem komunikasi nirkabel generasi keempat atau biasa disebut dengan 4G baru saja digelar atau akan segera digelar di banyak negara. Namun, dengan semakin banyaknya perangkat serta layanan mobile wireless masih terdapat beberapa tantangan yang tidak dapat terselesaikan oleh 4G seperti krisis spectrum dan konsumsi energi yang tinggi. Teknologi 5G memiliki kemampuan data yang luar biasa dan memiliki kemampuan menyatukan volume panggilan terbatas dan broadcast data tak terbatas di dalam sistem operasi mobile terbaru. 5G (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler. Teknologi 5G direncanakan akan resmi dirilis pada tahun 2020.

Perkembangan teknologi seluler di Indonesia saat ini telah memasuki era 4G dimana jaringan pita lebar 4G LTE tahap pertama di Indonesia telah diterapkan di pita frekuensi 900 MHz di akhir tahun 2014 dan akan dilanjutkan pada tahap kedua pada pita frekuensi 1800 MHz di kuartal pertama tahun 2015. Dikarenakan Indonesia baru saja memasuki tahap teknologi 4G, teknologi 5G akan terlihat sangat jauh sekali untuk dapat diterapkan di Indonesia. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi 5G nantinya tetap akan datang dan dikembangkan pada teknologi seluler di Indonesia. Berbeda dengan teknologi seluler sebelumnya, tujuan utama teknologi 5G adalah untuk memenuhi layanan komunikasi bergerak serta memberikan dukungan teknologi pada sektor ekonomi dan industri. Saat ini beberapa negara melalui operator telekomunikasi telah menggelar jaringan 5G dan melakukan pengujian terhadap kinerjanya sebelum diluncurkan secara resmi pada tahun 2020. Sedangkan berdasarkan informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesiadi Indonesia akan diluncurkan tahun 2022.

Keunggulan yang dihadirkan oleh teknologi 5G antara lain 5G memiliki kecepatan data yang sangat tinggi, mendukung interaktif multimedia, suara, video, internet dan layanan broadband-broadband yang lainnya, menawarkan akses secara global dan layanan portable, dan menyediakan kapasitas broadcasting yang besar.  Hal-hal tersebut tentunya menjadi pertimbangan bagi Indonesia untuk mengejar perkembangan teknologi 4G menjadi 5G. Untuk melakukan implementasi jaringan 5G diperlukan persiapan yang meliputi spektrum frekuensi dan regulasi oleh pemerintah. Selain itu kebutuhan insfrakstruktur jaringan yang meliputi Radio Accsess Network (RAN) dan saluran transmisi menggunakan kabel fiber optik harus dilakukan oleh para operator.


Sumber: ejurnal.itats.ac.id https://ejurnal.itats.ac.id/integer/article/view/561

One Reply to “Mengenal Teknologi 5G”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *