
Dunia industri saat ini sedang memasuki era baru yang ditandai dengan masifnya perkembangan teknologi informasi, yaitu era “revolusi industri 4.0”. Salah satu keunggulan era ini adalah terciptanya lebih banyak pekerjaan dan investasi baru berbasis teknologi. Kreativitas yang dihasilkan oleh seseorang atau kelompok nantinya diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang membutuhkan. Maka dari itu, industri kreatif merupakan bidang penting yang harus terus dikembangkan seiring berjalannya waktu dalam era revolusi industri 4.0 dan perlu dibangun bersama-sama dalam perkembangannya karena merupakan salah satu penopang perekonomian negara.
Karakter pasar yang berubah dengan cepat dan pertumbuhan industri kreatif yang signifikan juga menjadi ancaman bagi bisnis itu sendiri. Persaingan yang ketat antar pelaku usaha sejenis di pasar lokal, nasional, bahkan internasional merupakan salah satu bentuk ancaman dalam industri kreatif saat ini. Pentingnya bagi pelaku industri kreatif untuk memiliki keunggulan kompetitif, yaitu strategi keuntungan perusahaan untuk mewujudkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan sehingga perusahaan dapat mendominasi pasar lama dan pasar baru. Salah satu bentuknya adalah orientasi pasar dan orientasi wirausaha yang berpengaruh terhadap kapabilitas dinamis industri kreatif, yaitu proses dan aktivitas yang terkait dengan kreasi dan kepuasan pelanggan dengan terus menilai kebutuhan dan keinginan pelanggan serta meliputi strategis perusahaan,gaya pengambilan keputusan, metode, dan praktik.
Orientasi pasar dan orientasi wirausaha menjadi aspek yang berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dalam industri kreatif dan juga secara tidak langsung melalui kapabilitas dinamis yang terdiri dari sensing, absorptif, integratif, dan inovatif. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan perolehan informasi agar produk lebih sesuai dengan ekspektasi pelanggan dan bertindak proaktif dalam memperkenalkan produk sehingga dapat menciptakan industri kreatif yang kuat dan memiliki dinamis tinggi dalam berdaya saing.
Sumber: Anjaningrum, W. D. (2021). Integrasi Menuju Industri Kreatif yang Kuat dan Dinamis. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(1), 30-40.
https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/370
keren nih bahasannya
baru tau informasi ini, terimakasih
ternyata orientasi pasar penting ya…
menarik
semoga ekonomi indonesia bisa meningkat dengan adanya industri kreatif ini
contoh industri kreatif di sekitar kita ada apa aja ya?
bisa jadi dorongan untuk generasi muda untuk berbisnis
very insightful
kerennyaaa
bermanfaat sekalii