Hemat Air dengan Otomatisasi

25 Januari 2019, mahasiswa KKN Tim I Undip melakukan sosialisasi mengenai alat pengisi tandon air otomatis di Masjid Baiturohman, Desa Babakan, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Alif, seorang mahasiswa Teknik Elektro Undip yang juga pencipta alat tandon air otomatis, mengutarakan bahwa alat yang diciptakannya merupakan solusi agar tandon air yang belum otomatis tidak tumpah ketika melakukan pengisian.

“Cara kerja alat ini sangat sederhana, ketika level air telah mencapai batas bawah, maka alat akan memerintahkan pompa air untuk menyala, ketika level air telah mencapai batas atas, maka alat akan memerintahkan pompa air mati melalui relay”, ujar Alif.

Penghematan dengan alat otomatis ini dapat dilakukan terlebih lagi pada musim kemarau, sehingga tidak ada air yang terbuang karena tandon terlalu penuh. Tidak hanya itu, Alif juga menyatakan bahwa alat yang dibuat jauh lebih murah dibanding harga alat sejenisnya di pasaran. Biaya yang digunakan untuk membuat alat ini tidak lebih dari Rp 60.000,-. Harapannya, warga Desa Babakan dapat memanfaatkan teknologi tepat guna ini di rumah-rumah yang menggunakan tandon air.

 

Sumber: Anita Selvia, KKN Tim I Undip 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *