3 Fakta Unik Kimchi

Kimchi merupakan salah satu makanan tradisional khas Korea yang sangat terkenal di dunia. Kimchi mulai dikenal sejak menyebarnya kebudayaan Korea Selatan atau hallyu wave secara global. Kimchi merupakan makanan yang terbuat dari sayuran hasil fermentasi. Makanan ini dipercaya sudah ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu, namun belum diketahui dengan jelas kapan tepat ditemukannya. Kimchi menjadi kuliner yang berpengaruh di Korea sejak zaman dahulu, sehingga membuat kimchi menjadi identitas diri Negara Korea. Berikut ini adalah 3 fakta unik tentang kimchi.


Jumlah Pengonsumsi yang Banyak
Kimchi merupakan makanan yang selalu tersedia sebagai makanan utama ataupun makanan pendamping bagi orang Korea. Sehingga tidak mengherankan jika hampir seluruh warga Korea mengonsumsi Kimchi. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata penduduk Korea mengonsumsi Kimchi sebanyak 124,3 gram dengan konsumsi maksimum 154,5 gram pada kelompok masyarakat berusia 30-49 tahun. Data ini menunjukkan bahwa tingkat konsumsi Kimchi di Negara Korea sendiri sangat tinggi. Saat ini, sebanyak 30.000 ton kimchi diekspor ke-47 negara.


Mengandung Banyak Manfaat
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kimchi memiliki banyak bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri ini disebut dengan Bakteri Asam Laktat (BAL) yang merupakan kadungan yang paling penting dalam kimchi ini. Bakteri asam laktat antara lain: Leuconostoc mesenteroides, Lactobacillus brevis, Lactobacillus plantarum, Pediococcus cereviciae, Streptococcus faecalis, Enterococcus faecalis, Pediococcus pentosaceous, dan Weissella koreanis. Makanan yang mengandung probiotik dapat menghilangkan gejala sembelit dari kebiasaan makan yang tidak teratur, stress, dan diet yang berlebih. Bubuk cabai yang digunakan juga mengandung vitamin A dan vitamin C.


Memiliki Jenis yang Banyak
Kimchi di Korea memiliki berbagai macam atau jenis. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat 160 jenis kimchi. Perbedaan jenis ini berasal dari bahan baku sayurannya, cara pengolahannya, bahan makanan tambahan, dan lain-lain. Berdasarkan bahan baku sayurnya, kimchi dapat terbuat dari sawi putih, lobak, dan sayur lainnya. Jenis-jenis kimchi yang terkenal antara lain: masyarakat Korea adalah kimchi sawi putih, kimchi bossam, kimchi chonggak, kimchi kkakdugi, kimchi oisobagi, kimchi dongcimi, dan kimchi yeolmu.


Sumber :

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5039233/

http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/biomedika/article/download/218/266/

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-6/20424256-MK-Rosalin%20Nisrina.pdf

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352618114000055

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *