Virtual Reality (VR Palace) : Membuka Pintu Realita Menuju Dunia Digital yang Memukau

Virtual Reality (VR) merupakan satu terobosan teknologi paling mengesankan dalam beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, dengan VR, pengguna dapat memasuki dunia digital yang begitu realistis hingga terasa seperti nyata. Dalam pandangan pengguna, akan terlihat situasi virtual seolah nyata yang bisa dijelajahi dengan area pandang 360 derajat ke arah manapun dan bisa bergerak maju maupun mundur. Untuk jenis situasi virtualnya pun disediakan bermacam-macam dan bisa disesuaikan keinginan. Dengan begitu, teknologi ini kontan  memberi pengalaman baru dalam bermain, belajar, dan berinteraksi dengan dunia sekitar.

Dalam posisinya sebagai ‘ruang pengalaman baru’ maka tak ayal bila VR mulai dimanfaatkan di berbagai sektor, seperti pada sektor hiburan. Dengan headset VR, pemain dapat masuk ke dalam permainan video dan merasakan seolah-olah berada di dalamnya. Hal ini menciptakan pengalaman yang mendalam nan mendebarkan yang tidak bisa dicapai dengan permainan konvensional. Selain itu, VR juga digunakan dalam pembuatan film dan konser virtual membawa hiburan kepada kita dalam cara yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Tak hanya sektor hiburan, sektor pendidikan rasanya tak ingin ketinggalan kecanggihan VR dalam menarik perhatian siswa. Pengaplikasiannya dapat memungkinkan siswa untuk ‘mengunjungi’ tempat-tempat bersejarah, eksplorasi luar angkasa, atau bahkan menjalani simulasi ilmiah yang realistis. Konsep ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi dapat pula membantu siswa memahami konsep-konsep sulit dengan cara yang lebih nyata.  Pada pengaplikasian lain, dapat ditemukan pada sektor bisnis, yaitu dapat digunakan untuk menghadiri pertemuan bisnis atau konferensi secara virtual namun terasa seperti nyata.

Hadirnya VR seolah menjadi cara baru untuk hidup bersosialisasi–menghubungkan yang jauh, memberi pengalaman hadir tanpa perlu secara fisik namun terasa nyata, terlebih mempermudah interaksi apabila terjadi wabah yang mengharuskan isolasi. Teknologi VR akan terus meningkatkan cara kita berinteraksi dengan dunia digital dan nyata–pembuka pintu menuju pengalaman baru yang lebih mendalam dan mendebarkan hingga memuaskan para penggunanya.


Sumber : Rousseaux, F., Bicego, A., Ledoux, D., Massion, P., Nyssen, A.S., Faymonville, M.E., Laureys, S. dan Vanhaudenhuyse, A. 2020. Hypnosis associated with 3D immersive virtual reality technology in the management of pain: A review of the literature. Journal of Pain Research. 13:1129-1138.

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32547176/

10 Replies to “Virtual Reality (VR Palace) : Membuka Pintu Realita Menuju Dunia Digital yang Memukau”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *