Sejarah Pabrik Farmasi PT Kimia Farma

Tahukah Anda tentang Perusahaan Farmasi Pertama di Indonesia ?

Oleh : Sarah Devonia

Didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1817, Kimia Farma merupakan perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia. Pada awalnya perusahaan tersebut bernama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Kemudian Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma setelah kemerdekaan Indonesia diraih. Pada tanggal 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi perseroan terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

Kimia Farma sempat menjadi perusahaan swasta dengan kualitas, visi, dan misi yang sama yaitu untuk mengembangkan dan membangun kesehatan masyarakat Indonesia. Namun PT Kimia Farma (Persero) kembali mengubah statusnya menjadi perusahaan publik pada tanggal 4 Juli 2001. Dengan perubahan tersebut, Kimia Farma telah dicatat pada Bursa Efek Indonesia.

Pada awalnya Kimia Farma hanya fokus kepada pengembangan produk farmasinya saja. Tetapi kini, Kimia Farma juga memperhatikan kegiatan perdagangan dan jaringan distribusi serta pelayanan kesehatan yang berbasis jaringan ritel farmasi. Oleh sebab itu produk Kimia Farma bukan hanya berupa obat-obatan tetapi juga, apotek, klinik farmasi, laboratorium farmasi, serta trading & distribution.

Kini Kimia Farma telah berkembang dan memasuki tingkat perdagangan internasional. Kimia Farma telah memiliki lebih dari 400 gerai, 64 klinik farmasi, 33 laboratorium farmasi, serta 45 cabang trading & distribution. Kegiatan ekspornya pun meliputi Eropa, India, Jepang, Taiwan, dan New Zealand.


Sumber : Kimiafarma.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *