PRESS RELEASE PELATIHAN PERS “START TO BE CRITICAL JOURNALIST IN CRISIS ERA”

Pada hari Minggu, 23 Mei 2021 telah dilaksanakan Pelatihan Pers oleh Lemma Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Diponegoro 2021 dengan mengangkat tema “Start to be Critical Journalist in Crisis Era”. Acara ini diselenggarakan via zoom dan disiarkan secara langsung via Youtube.

Pelatihan Pers ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas di seluruh Indonesia. Selain itu, pelatihan ini diisi oleh pemateri hebat yaitu seorang News Anchor TVKU Semarang, Myra Azzahra, S.E. Penyempaian materi yang disampaikan berupa seputar dasar jurnalisme, kode etik jurnalistik, dan peran seorang jurnalis pada era krisis dan pandemic seperti saat ini. Materi disampaikan secara lugas dan dikemas secara menarik. Selain pemberian materi, peserta pelatihan juga diberikan wadah untuk langsung menyampaikan pendapat atau pandangan dan dapat berinteraksi dengan pemateri sepanjang acara.

Acara Pelatihan Pers Lemma HMM Undip 2021 diawali dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan beberapa sambutan. Sambutan disampaikan oleh Mba Qatrunnada Refa Cahyani selaku ketua pelaksana acara, kemudian oleh Mba Raisa Fatimathuz Zahra selaku Ketua Lemma 2021, Mas Berlian Harry Saputra selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika 2021, dan diakhiri oleh Bapak Susilo Hariyanto sebagai Ketua Departemen Matematika Undip. Sebelum memasuki acara inti, MC menyampaikan beberapa hal yang perlu dicermati oleh partisipan seperti tata tertib dan absensi. Berikutnya, acara inti dipimpin oleh moderator yaitu Mba Vania.

Acara inti Pelatihan Pers dimulai dengan perkenalan diri moderator dan menampilkan CV pemateri, untuk selanjutnya acara inti diserahkan secara penuh oleh pemateri. Acara inti berjalan sangat lancar dan diikuti oleh peserta dengan penuh keseriusan. Terlihat dengan keaktifan, antusisasme, dan sesi tanya jawab yang ramai menunjukkan bagaimana acara ini berjalan secara interaktif. Selain pemberian teori, pada acara inti juga tersedia wadah diskusi berupa Forum Group Discussion (FGD) yang dibagi kelompok di breakoutroom Zoom yang ditujukan untuk mendiskusikan studi kasus yang diberikan oleh pemtaeri. Setelah sesi FGD, terdapat sesi presentasi oleh tiap kelompok untuk memaparkan hal apa saja yang sudah didiskusikan terkait permasalahan yang diberikan. Setelah rangkaian acara inti selesai, acara ditutup dengan pengumuman peserta terbaik sebanyak tiga orang oleh moderator. Setelah acara inti ditutup oleh moderator, MC kembali mengambil alih forum pelatihan untuk menyebarkan link absensi dan menutup penuh seluruh rangkaian acara Pelatihan Pers Lemma 2021

One Reply to “PRESS RELEASE PELATIHAN PERS “START TO BE CRITICAL JOURNALIST IN CRISIS ERA””

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *