Potensi Sampah Menjadi Energi Listrik

Infografis by Astrid Eka

Seperti yang kita ketahui, sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang ke lingkungan. Namun, siapa sangka bahwa sampah dapat menjadi sumber energi listrik yang selalu kita gunakan sehari-hari?

Pada negara-negara maju seperti Swiss, Denmark, Amerika, dan Prancis, sampah ternyata sudah dijadikan sebagai sumber energi alternatif penghasil energi listrik. Proses pengolahan sampah menjadi energi listrik ini menggunakan proses yang dinamakan konversi termal.

Dalam konversi termal ini digunakan proses insenerasi, yaitu proses oksidasi bahan-bahan organik menjadi bahan anorganik. Prosesnya merupakan reaksi oksidasi cepat antara bahan organik dengan oksigen. Panas yang dihasilkan dari proses insenerasi tersebut digunakan untuk menguapkan air menjadi uap dengan bantuan boiler. Excess pembakaran berupa debu diolah kembali agar tidak mencemari lingkungan. Uap bertekanan tinggi yang dihasilkan tadi kemudian digunakan untuk memutar turbin yang terhubung dengan generator sehingga menghasilkan listrik. Listrik tersebut siap disalurkan ke pabrik ataupun rumah-rumah.


Sumber:

https://core.ac.uk/download/pdf/327117998.pdf

10 Replies to “Potensi Sampah Menjadi Energi Listrik”

  1. banyak bgt artikel atau jurnal yang bahas sampah jadi energi listrik, tapi masih belum ada pergerakan dari pemerintah nih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *