Perubahan yang Diciptakan Perang Dunia II

Infografis by Herda Cahyaningrum

Berakhirnya perang dunia II pada 1945 menyebabkan perubahan besar tidak hanya di Eropa tetapi juga dunia secara keseluruhan. Hal ini juga menandai masa berakhirnya kolonialisme dan imperialisme yang telah menjadi andalan politik awal abad ke-20. Dari segi dampak, perang dunia II juga tak kalah besar. Baik itu dari bidang politik, ekonomi maupun sosial. Apabila dilihat dari segi positif, perang dunia II berpengaruh pada persenjataan, pengobatan, dan terbentuknya PBB. Sedangkan, dampak negatifnya ialah banyaknya kematian, kemiskinan, dan perpecahan. Berikut ini merupakan dampak perang dunia II dari segi positif dan negatif.

Dampak Positif

1. Persenjataan

Majunya teknologi khususnya dalam kasus persenjataan baik dalam bentuk alat dan strategi.

2. Pengobatan

Munculnya penyakit-penyakit membuat dokter-dokter pada masa itu berinvensi dan berinovasi untuk menemukan obat yang sesuai.

3. PBB

Terbentuknya lembaga baru di bawah naungan PBB bernama UNRA (United Nation Rehabilitation Administration).

Dampak Negatif

1. Kematian

Dipercaya bahwa perang dunia kedua merupakan aksi genosida, yaitu pembunuhan atau pembantaian besar-besaran yang dilakukan secara sistematis.

2. Kemiskinan

Banyaknya kerugian yang dialami oleh warga-warga negara yang terlibat dalam peperangan membuat ekonomi juga tidak berjalan dengan baik sehingga timbul isu kemiskinan.

3. Perpecahan

Terbentuk sekutu dan juga adanya blok barat dan timur. Selain itu, juga banyak negara-negara yang terpecah belah karena adanya perang dunia kedua.


Sumber:

https://news.okezone.com/read/2022/10/04/18/2680321/dampak-perang-dunia-ii-dalam-berbagai-bidang

12 Replies to “Perubahan yang Diciptakan Perang Dunia II”

  1. bagus nih buat nambah wawasan karena yg kita tau kalo PD II cuma bawa kerugian doang, ternyata ada dampak positifnya juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *