Perkembangan Industri Energi Baru Terbarukan

Sumber foto: unsplash.com

Bahan bakar termasuk salah satu sumber energi dengan peranan penting bagi kehidupan manusia. Kebutuhan akan energi terus meningkat seiring dengan bertambahnya waktu. Begitupun kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat seiring perkembangan perekonomian dan penduduk Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan energi listrik nasional, kita tidak bisa hanya mengandalkan energi yang didapat dari bahan bakar fosil. Mengingat bahan bakar fosil termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan relatif akan mencemari lingkungan. Jika hal tersebut terus dilakukan, maka diperlukan segera untuk memanfaatkan bahan bakar dari sumber yang bisa diperbaharui dan tidak menyebabkan pencemaran bagi lingkungan salah satunya dengan memanfaatkan energi baru terbarukan.

Energi Baru Terbarukan (EBT) sangat diperlukan, diantaranya panas bumi, angin, dan biomassa. Ketiga energi tersebut memiliki potensi yang cukup besar di Indonesia. Energi Baru Terbarukan juga selaras dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang tertulis pada tujuan ke tujuh yaitu menggunakan energi bersih dan terjangkau. Maka dari itu Pemerintah Indonesia mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan untuk kedepannya.

Diharapkan energi baru terbarukan menjadi solusi dari permasalahan selama ini yang ditimbulkan oleh penggunaan bahan bakar fosil. Akan tetapi, sampai saat ini pemanfaatan energi baru terbarukan masih terbilang rendah hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor faktor tersebut adalah kesenjangan geografis antara lokasi sumber energi dengan lokasi kebutuhan energi, dan biaya investasi teknologi energi berbasis energi baru terbarukan yang masih mahal, serta tidak adanya konsistensi arah kebijakan dalam perencanaan energi dan ketenagalistrikan antara berbagai peraturan perundangan yang berlaku. Walaupun energi baru terbarukan masih minim pemanfaatannya tetapi transisi sumber energi sangatlah diperlukan sembari pemerintah berbenah dalam segala kekurangan yang ada untuk menopang berjalannya sumber energi baru. Hal ini menyebabkan industri energi baru terbarukan menjadi industri yang memiliki prospek bagus kedepannya.


Sumber: jurnal.batan.go.id jurnal.batan.go.id/index.php/jpen

One Reply to “Perkembangan Industri Energi Baru Terbarukan”

  1. Bahan bakar termasuk salah satu sumber energi dengan peranan penting bagi kehidupan manusia. Kebutuhan akan energi terus meningkat seiring dengan bertam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *