Pentingnya Penerapan Industri Hijau Demi Kelestarian Lingkungan Hidup

Sumber: unsplash.com

Ketersediaan sumber daya alam yang ada di Indonesia semakin lama semakin berkurang dikarenakan dua faktor, yaitu pertumbuhan populasi dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi nasional. Hal tersebut juga melibatkan pemborosan energi, air, bahan baku, sumber daya alam, produktivitas rendah, dan peningkatan limbah. Banyak pihak perusahaan yang masih belum paham konsep industri hijau, terutama industri kecil dan menengah. Kehadiran industri di Indonesia sangat bernilai dan telah mampu menggeser sektor pertanian dan mampu berperan besar dalam perkembangan ekonomi bangsa. Oleh karena itu, diperlukan penerapan industri hijau yang mengutamakan efisiensi bahan baku dan efektivitas proses.

Industri hijau adalah industri yang dalam proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Kebijakan industri hijau di Indonesia terdapat dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian. Dengan menerapkan industri hijau pada perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang ekonomi dapat menyeimbangkan pembangunan industri dengan kelestarian lingkungan hidup sehingga berguna bagi masyarakat.

Penerapan industri hijau sendiri dilakukan melalui konsep produksi bersih (cleaner production) melalui aplikasi 4R, yaitu Reduce (pengurangan limbah pada sumbernya), Reuse (penggunaan kembali limbah), dan Recycle (daur ulang limbah), dan Recovery (pemisahan suatu bahan atau energi dari suatu limbah). Secara singkat, produksi bersih memberikan dua keuntungan. Pertama, efisiensi dalam proses produksi. Kedua adalah meminimalisir terbentuknya limbah, sehingga dapat melindungi kelestarian lingkungan hidup. Selain membantu menyeimbangkan kelestarian lingkungan hidup, penerapan industri hijau dapat meningkatkan efisiensi yaitu keuntungan serta daya saing di pasar global karena dapat mengurangi biaya produksi. Upaya efisiensi proses produksi tersebut juga dapat menurunkan gas rumah kaca sehingga bumi dapat tertolong sedikit demi sedikit. Dengan demikian, pentingnya pemahaman lebih akan penerapan industri hijau pada segala perusahaan industri di Indonesia agar terjadi efisiensi pemakaian bahan baku, energi, dan air sehingga limbah maupun emisi yang dihasilkan menjadi minimal dan tercipta keseimbangan kelestarian lingkungan hidup.


Sumber: jurnalftijayabaya.ac.id http://jurnalftijayabaya.ac.id/index.php/Dedikasi/article/view/68

One Reply to “Pentingnya Penerapan Industri Hijau Demi Kelestarian Lingkungan Hidup”

  1. Kelestarian lingkungan memang sangat penting, maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan penerapan industri hijau juga sangat membantu dalam pelestarian lingkungan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *