Pengaplikasian Teknologi Artificial Intelligence dalam Format Pendidikan

Artificial intelligence merupakan suatu bidang yang mempelajari dan menghasilkan inovasi, seperti komputer, mesin, dan hal-hal lainnya yang memiliki kemampuan kognitif manusia, kemampuan beradaptasi, dan juga kemampuan pengambilan keputusan.

Salah satu manfaat dari artificial intelligence sendiri dapat kita aplikasikan ke dalam bidang pendidikan. Artificial intelligence yang awalnya berbentuk komputer dan teknologi terkait komputer, sekarang dapat beralih ke sistem pendidikan cerdas berbasis website dan online. Untuk membuktikan efesiensi dari artificial intelligence dalam bidang pendidikan, dilakukan uji dan juga observasi dengan cara membiarkan artificial intelligence yang melakukan berbagai kegiatan, seperti melakukan fungsi administratif, lalu meninjau  juga menilai tugas siswa, dan yang terpenting dalam aspek mengajar, artificial intelligence dapat mengaplikasikan simulation-based learning and intelligent tutoring system (ITS) agar siswa mendapatkan pelajaran yang lebih mendalam, serta meningkatkan pengalaman belajar dari siswa itu sendiri.

Berdasarkan studi yang berbasis observasi dan uji lapangan yang telah dilakukan,  dapat disimpulkan bahwa dengan inovasi dan kemajuan teknologi telah mendorong pengembangan dari artificial intelligence. Hal ini telah mempengaruhi beberapa sektor dalam kehidupan sosial kita dan mempunyai potensi yang besar untuk mempengaruhi berbagai macam industri tidak hanya dalam bidang pendidikan.


Sumber : Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial intelligence in education: A review. Ieee Access8, 75264-75278.

12 Replies to “Pengaplikasian Teknologi Artificial Intelligence dalam Format Pendidikan”

  1. WOW keren sekarang Artificial intelligence yang awalnya berbentuk komputer dan teknologi terkait komputer, sekarang dapat beralih ke sistem pendidikan cerdas berbasis website dan online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *