Pemanfaatan Teknologi ChatGPT dalam Pendidikan

Teknologi adalah ilmu yang dikembangkan manusia untuk menciptakan tata cara tertentu yang lebih mutakhir dan praktis atau memudahkan kehidupan. Dalam dunia pendidikan sangat perlu untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kehadiran teknologi banyak memberikan manfaat pada dunia pendidikan terutama dalam memudahkan akses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih inovatif sehingga meningkatkan minat belajar peserta didik. Artificial intelegence atau disingat AI merupakan teknologi masa kini yang kemunculannya dianggap sebagai teknologi revolusioner. AI mampu belajar dari data dan melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) merupakan salah satu aplikasi artificial intelegence yang memiliki fungsi untuk berinteraksi dalam percakapan berbasiskan teks. Chat GPT mensimulasikan percakapan manusia dan memberikan respon otomatis terhadap pertanyaan penggunanya menggunakan NLP. Chat GPT bisa dimanfaatkan untuk    bermacam-macam keperluan, seperti menerjemahkan  bahasa,  membuat  teks  orisinal,  membantu  pekerjaan programmer dalam menyelesaikan masalah code, menjelaskan ulang sebuah konsep dengan bentuk sederhana, membuat draft atau bahkan outline artikel, dan kemampuan lain yang bisa meringankan  pekerjaan  penggunanya. Keuntungan utama dalam memanfaatkan Chat GPT adalah untuk memberikan bermacam informasi dengan akurat dan cepat. Namun, ada juga kekurangan dalam penggunaan Chat GPT, seperti pemahaman terbatas, belum mampu menggeser pekerja kreatif, jawaban  tidak  selalu tepat, tidak dapat membedakan fakta dan opini, serta memerlukan jaringan internet yang stabil.

Penggunaan Chat GPT dalam pendidikan memberikan beberapa manfaat yang signifikan. Chat GPT memungkinkan personalisasi pembelajaran dengan menyesuaikan  materi  dan  metode  pembelajaran  sesuai  kebutuhan  individu. Siswa dapat berinteraksi  langsung  dengan  Chat GPT  untuk  memperoleh  penjelasan tambahan,  menjawab  pertanyaan,  atau  mendapatkan  umpan  balik  secara  instan.  Ini membantu  siswa  dalam  memahami  materi  dengan  lebih  baik  dan  memberikan panduan yang relevan sesuai tingkat pemahaman mereka. Penggunaan Chat GPT dalam pendidikan dapat mengubah cara siswa belajar dan memperluas akses mereka terhadap pengetahuan dan bimbingan. Dalam penelitian, siswa dapat menggunakan Chat GPT untuk  mempermudah  beberapa  aspek  penelitian,  seperti  pencarian  data, peringkasan informasi,  dan  penemuan  referensi.  Namun, ada  kelemahan  dan tantangan yang  perlu diperhatikan, termasuk   keterbatasan   dalam   pemahaman   konteks,   keandalan data, ketergantungan pada sumber internet, dan penggantian peran peneliti.

Dapat disimpulkan, Chat GPT sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Dengan kecerdasan teknologi yang dimilikinya, Chat GPT dapat membantu siswa dalam menyelesaikan  tugas  atau  masalah  yang  mereka  hadapi. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan teknologi ini juga memiliki tantangan. Oleh  karena  itu,  perlu  dilakukan  penelitian  dan pengembangan yang berkelanjutan untuk memaksimalkan manfaat penggunaan Chat GPT dalam pendidikan sambil mengatasi tantangan yang ada.


Sumber :

Iriyani, S. A., Patty, E. N. S., Akbar,  A. R., Idris, R., Priyudahari, dan B. A. P. (2023). Studi literatur: pemanfaatan teknologi chat gpt dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 9-15.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan chat gpt dalam dunia pendidikan. Journal Education and Research and Development, 7(2).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *