Mengenal tentang Hazmat Suit

Corona virus atau yang kerap kali disebut secagai Covid-19 menjadi pembicaraan yang sering kali ditemukan akhir-akhir ini. Covid-19 merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Penyebaran Covid-19 dapat melalui kontak dekat, lingkungan atau benda yang terkontaminasi virus, droplet saluran napas, dan partikel airborne. Di tengah maraknya Covid-19 yang menjadi garda terdepan dalam penyembuhannya salah satunya adalah dokter ataupun tenaga medis.

Tenaga medis dalam penanganan Covid-19 tentu saja menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) salah satunya adalah Hazmat Suit. Hazardous Materials suit (Hazmat suit) merupakan alat pelindung diri yang terdiri dari bahan yang tidak tembus pandang. Kegunaan dari hazmat suit adalah untuk melindungi orang dari bahan ataupun zat yang jika terkena kulit manusia akan membahayakan, termasuk bahan-bahan kimia dan juga bahan radioaktif.

Hazmat suit terbuat dari PVC (Polivinil Klorida), tyvek, dan teflon. Diketahui bahwa tyvek merupakan salah satu material yang bentuknya lembaran menyerupai kertas tetapi jika dibandingkan dengan kertas, material ini memiliki beberapa sifat material yang khas yaitu tidak mudah robek, kedap air tetapi bisa memungkinkan pertukaran udara, mempunyai berat material yang sangat ringan, serta sanggup didaur ulang.

Dalam pemakaiannya hazmat suit diklasifikasikan dari level A sampai D. Level A merupakan level tertinggi untuk proteksi yang digunakan untuk melindungi dari uap, gas, kabut, dan partikel berbahaya. Level B untuk memberikan perlindungan terhadap percikan bahaya. Level C menggunakan bahan yang sama dengan level B tapi dibutuhkan perlindungan pernafasan tambahan. Level D juga memberi perlindungan, namun tidak melindungi seseorang dari cairan kimia. Jadi, perlindungan menggunakan hazmat suit juga tergantung kebutuhan yang diperlukan karena memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Selain itu penggunaan hazmat suit memang sangat dibutuhkan untuk tenaga medis dalam penangan Covid-19 karena bisa meminimalisir terpaparnya virus tersebut.


Sumber : Alo Dokter; neliti.com https://www.alodokter.com/virus-corona https://media.neliti.com/media/publications/197625-none.pdf

One Reply to “Mengenal tentang Hazmat Suit”

  1. Kegunaan dari hazmat suit adalah untuk melindungi orang dari bahan ataupun zat yang jika terkena kulit manusia akan membahayakan, termasuk bahan-bahan kimia dan juga bahan radioaktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *