Mengenal PT Pupuk Sriwidjaja

Tahukah Anda, Perusahaan Pupuk yang Tertua di Indonesia ?
Oleh : Ahmad Fauzan

PT Pupuk Sriwidjaja merupakan produsen pupuk urea pertama di Indonesia yang  didirikan pada tanggal 24 Desember 1959 dan berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan. Istilah Sriwidjaja sendiri diambil untuk mengabadikan sejarah kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan yang sangat disegani di Asia Tenggara hingga daratan Cina, pada abad ke-7 M.

PT Pupuk Sriwidjaja mulai melakukan suatu pembangunan bernama Pusri I pada tanggal  14 Agustus 1961 yang merupakan tonggak penting suatu sejarah. Karena pada saat itu merupakan pembangunan pabrik pupuk pertama kali di Indonesia. Pada tahun 1963, Pabrik Pusri I mulai berproduksi dengan kapasitas sebesar 100.000 ton urea dan 59.400 ton amoniak per tahun. Seiring dengan kebutuhan pupuk yang terus meningkat, selama periode 1972-1977 Pusri membangun Pabrik Pusri II, Pusri III, dan Pusri IV.  Pabrik Pusri II memiliki kapasitas produksi 380.000 ton per tahun. Pada tahun 1992 dilakukan proyek optimalisasi urea Pabrik Pusri II dengan kapasitas terpasang sebesar 552.000 ton per tahun. Pabrik Pusri III dibangun pada 1976 dengan kapasitas sebesar 570.000 ton per tahun, sedangkan pabrik urea Pusri IV dibangun pada tahun 1977 dengan kapasitas terpasang sebesar 570.000 ton  per tahun. Dan dilakukan pembangunan pabrik Pusri IB berkapasitas 570.000 ton per tahun pada tahun 1993.

Pusri diberi tugas oleh pemerintah pusat untuk bertanggungjawab dalam hal melakukan distribusi dan pemasaran pupuk bersubsidi kepada petani sebagai suatu bentuk pelaksanaan Public Service Obligation (PSO) sejak tahun 1979. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pangan nasional.

Sejak pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 28 tahun 1997 dan PP No. 34 tahun 1998,  PT Pupuk Sriwidjaja menjadi induk perusahaan (operating holding) dengan membawahi enam anak perusahaan yang masing-masing bergerak dalam bidang usahanya :

  1. PT Petrokimia Gresik yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur yang memproduksi dan memasarkan pupuk urea dan pupuk organik
  2. PT Pupuk Kujang yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat yang memproduksi pupuk urea dan industri kimia lainnya
  3. PT Pupuk Kalimantan Timur yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur yang memproduksi pupuk urea dan industri kimia lainnya
  4. PT Pupuk Iskandar Muda yang berlokasi di Lhokseumawe, Aceh yang memproduksi pupuk urea dan industri kimia lainnya
  5. PT Rekayasa Industri yang berlokasi di Jakarta yang bergerak dalam penyediaan pupuk, bahan kimia, dan petrokimia
  6. PT Mega Eltra yang berlokasi di Jakarta yang bergerak dalam bidang umum

Sumber : Pusri.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *