KAMPUNG SENI DI TENGAH HIRUK PIKUK KOTA SEMARANG

Di tengah laju globalisasi yang semakin pesat, kampung kesenian menjadi tempat yang tak hanya memelihara warisan budaya, tetapi juga menjadi tempat di mana kreativitas lokal dapat berkembang. Dalam upaya melestarikan dan mengangkat nilai-nilai tradisional, konsep branding kampung kesenian muncul sebagai cara untuk mengukuhkan identitasnya dan menarik perhatian masyarakat lebih luas. Kampung Tematik Seni dan Budaya Jurang Belimbing yang terletak di RW 04, Kelurahan Tembalang, Kota Semarang merupakan tempat di mana warisan budaya lokal dijaga, dikembangkan, dan disajikan sebagai aset yang berharga bagi masyarakatnya dan bagi orang-orang yang berkunjung. Namun, terkadang kampung kesenian kurang mendapatkan perhatian yang sebanding dengan potensinya. Oleh karena itu, melalui branding, kampung kesenian dapat menunjukkan kekayaan budaya yang ada di Jurang Belimbing, yang tidak hanya kepada warga setempat RW 04, tetapi juga kepada masyarakat luar bahwa Kampung Seni dan Budaya Jurang Belimbing merupakan pusat kekayaan budaya dan kreativitas.            

TikTok, sebagai platform video singkat yang populer, tidak hanya menyediakan hiburan tetapi juga menjadi alat yang efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya lokal, termasuk kampung kesenian. Oleh karena itu, TIM KKN Tematik RW 04 Kelurahan Tembalang menginisiasikan branding Kampung Seni dan Budaya Jurang Belimbing melalui platform Tiktok untuk memperkenalkan kepada masyarakat secara luas kekayaan seni dan budaya yang ada. Untuk dapat menghasilkan konten branding yang efektif dan menarik, Tim KKN Tematik RW 04 berusaha membangun citra Kampung Seni dan Budaya Jurang Blimbing dengan membuat berbagai jenis video secara rutin.  Pemberian caption dan hashtag menarik, hingga menggunakan sound dan tren yang sedang viral diharapkan dapat mendongkrak video hingga bisa mencapai audiens dalam jumlah banyak, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang adanya kampung ini. Tim KKN Tematik RW 04 memadukan berbagai jenis ide dan teknik dalam proses pembuatan konten, mulai dari pengambilan gambar sinematik, mengikuti tren-tren terkini, hingga yang bersifat informatif dan edukatif. Tak lupa, Tim KKN Tematik RW 04 kerap kali melibatkan warga sekitar dalam pembuatan konten. Seluruh konten tersebut dapat diakses via akun Tiktok @rw04kelurahantembalang. Berikut adalah beberapa konten yang dihasilkan oleh Tim KKN Tematik RW 04.

Konten “Coming Soon

Gambar 1. Thumbnail konten coming soon

(27/11/2023) Konten “Coming Soon” merupakan konten yang pertama kali diunggah. Konten “Coming Soon” berhasil menangkap keindahan sanggar seni lewat pengambilan gambar sinematik yang memanjakan mata, serta sukses menciptakan rasa ingin tahu lebih dalam mengenai Kampung Seni RW 04.

Konten “Get to Know Us

Gambar 2. Thumbnail konten get to know us

(28/11/2023) Konten “Get to Know Us” bertujuan untuk memperkenalkan anggota Tim KKN Tematik RW 04 yang akan memandu dan membersamai audiens dalam mengeksplorasi Kampung Seni RW 04 secara lebih mendalam.

Konten “A Day in My Life

Gambar 3. Thumbnail konten a day in my life

Konten “A Day in My Life” ditujukan untuk memperkenalkan wilayah Kampung Seni dan Budaya Jurang Belimbing dan kegiatan masyarakat di dalamnya melalui keseharian Mahasiswa KKN Tematik RW 04 selama berkegiatan di Kampung Seni dan Budaya Jurang Blimbing.

Konten “Q&A Serba Serbi Sanggar Seni”

Gambar 4. Thumbnail konten Q&A serba serbi sanggar seni

(25/12/2023) Konten “Q&A Serba Serbi Sanggar Seni” merupakan konten tanya jawab kepada anak-anak yang tergabung dalam sanggar seni jurang belimbing yang membahas seputar seputar sanggar seni.

Konten “Do’s and Don’ts


Gambar 5. Thumbnail konten do’s and don’ts

(16/12/2023) Konten “Do’s and Don’ts” merupakan konten yang berisikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berkegiatan di Kampung Seni dan Budaya Jurang Blimbing. Melalui konten “Do’s and Don’ts” ini, diharapkan baik masyarakat, TIM KKN selanjutnya, maupun semua pihak yang berkunjung ke Kampung seni dan Budaya Jurang Belimbing dapat mematuhi aturan yang ada.

Dengan upaya Tim KKN Tematik RW 04 dalam memanfaatkan platform TikTok sebagai alat untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kampung Seni dan Budaya Jurang Belimbing, terlihat bahwa branding dapat menjadi sarana efektif dalam mengukuhkan identitas kampung kesenian. Diharapkan branding ini tidak hanya berakhir setelah kegiatan KKN selesai, melainkan terus berlanjut dan berinovasi sehingga Kampung Seni Budaya Jurang Blimbing dapat semakin dikenal dan kesenian yang ada dapat terus dilestarikan. Diharapkan melalui langkah-langkah inovatif ini, Kampung Seni dan Budaya Jurang Belimbing dapat terus bersinar sebagai inspirasi di tengah hiruk pikuk kota Semarang, menjadi sumber kebanggaan bagi warganya, dan menyuarakan warisan budaya Indonesia dengan lebih luas. Saatnya selangkah lebih dekat menuju masyarakat mandiri!


Penulis:
Mahasiswa Tim KKN-T Tema 6 Lingkar Undip 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *