Donor Darah Menjaga Badan Tetap Ideal

Transfusi darah pertama kali dilaksanakan pada abad 15 yang dicatat oleh Stefano Infessura. Peristiwa transfusi darah pertama kali dilakukan oleh 3 anak laki-laki kepada Pope Innocent VII. Saat itu, transfusi darah dilakukan melalui mulut sehingga proses berakhir gagal dan mengakibatkan kematian. Sampai akhirnya pada tahun 1818, Dr. James Blundell melakukan transfusi darah pertama yang berhasil diterapkan pada manusia setelah peneliti-peneliti sebelumnya mengalami kegagalan bahkan dilarang melanjutkan penelitian karena dinilai tidak efektif dan membahayakan. Transfusi darah sudah menjadi hal biasa untuk dilakukan dalam lingkung medis di mana tujuannya adalah untuk menyelamatkan nyawa. Berdasarkan kebutuhan darah untuk didonorkan pada manusia lain, muncul kepedulian antar sesama manusia sehingga terciptalah aksi donor darah. Donor darah adalah proses pengambilan darah dari pendonor yang sukarela memberikan untuk digunakan pada transfusi darah.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan melalui donor darah, seperti menurunkan risiko terkena serangan jantung. Biasanya donor darah dilakukan selama tiga bulan sekali, dalam kurun waktu tersebut akan ada regenerasi sel darah merah yang memiliki fungsi oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Regenerasi tersebut berdampak baik terhadap kinerja darah dalam melakukan fungsinya.

Menurut penelitian, berat badan seorang pendonor juga menjadi karakteristik penting. Sebagian besar pendonor memiliki berat badan overweight dan ideal dibandingkan dengan yang kurus. Setelah melakukan donor darah, pendonor kehilangan banyak zat besi sehingga nafsu makan akan meningkat. Pendonor darah yang sudah rutin melakukan donor darah akan merasakan efek tersebut sehingga mereka dapat menjaga badan untuk tetap ideal atau menjadi ideal jika overweight dengan melakukan sistem tanam dan tuai.


Sumber : Harsiwi, U.B. dan Arini, L.D.D. (2018). Tinjauan kegiatan donor darah terhadap kesehatan di PMI Karanganyar, Jawa Tengah Tahun 2018. Jurnal Infokes Universitas Duta Bangsa Surakarta, 8(1).

https://www.apikescm.ac.id/ejurnalinfokes/index.php/infokes/article/view/196/0

12 Replies to “Donor Darah Menjaga Badan Tetap Ideal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *