Aplikasi Media Elektronik SMS dalam Bidang Kesehatan Masyarakat

Pada Era Globalisasi ini, kemajuan teknologi sangat berkembang pesat. Salah satu kemajuan teknologi informasi merambah pada bidang kesehatan. Penggunaan dan pemanfaatan teknologi merupakan salah satu solusi tepat bagi pemecahan masalah layanan publik. Melalui pemanfaatan teknologi pada bidang kesehatan akan mengatasi masalah-masalah geografis, waktu, dan sosial ekonomis. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam bidang kesehatan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan serta dapat merubah perilaku kesehatan.

Salah satu kemajuan teknologi informasi merambah pada bidang kesehatan seperti kedokteran. Kemajuan dalam bidang kesehatan ini sangat berkembang pesat sehingga banyak ditemukan inovasi melalui bantuan teknologi informasi, baik dalam bidang pengorganisasian rumah sakit, pengobatan, maupun penelitian pengembangan dari ilmu kesehatan itu sendiri. Pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi tengah mendapat perhatian dunia disebabkan janji dan peluang bahwa teknologi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Media yang digunakan dalam penyebaran informasi sangatlah beragam. Media yang digunakan dapat berupa media cetak ataupun media elektronik. Media cetak meliputi booklet, leaflet, flyer, flip, rubrik, poster, dan foto. Adapun media elektronik meliputi televisi, radio, video, slide, filmstrip, internet, dan telepon seluler.

SMS merupakan Short Message Service (SMS) adalah suatu fasilitas untuk mengirim dan menerima suatu pesan singkat berupa teks melalui perangkat nirkabel yaitu perangkat komunikasi telepon selular. Pemanfaatan media informasi sangat berpengaruh pada penyampaian pesan kesehatan, khususnya pemberian informasi pada ibu hamil tentang konsumsi tablet Fe sehingga ibu hamil mendapatkan pengetahuan tentang tablet Fe dimana akan memengaruhi perilakunya. Beberapa penelitian yang berkaitan dengan pemanfaatan media informasi pada ibu hamil yaitu penelitian oleh Ermiati et al. (2014), menyatakan bahwa SMS reminder efektif terhadap kepatuhan konsumsi tablet besi pada ibu hamil di UPT Puskesmas Cibuntu, Kota Bandung. Kemudian penelitian yang dilakukan oleh O’Higgins (2013), menyatakan bahwa peran media digital mempermudah ibu hamil untuk mengakses informasi mengenai kehamilan guna meningkatkan pengetahuan mereka. Paparan media massa efektif untuk meningkatkan pengetahuan dalam Prenatal Care Services (Ghosh, 2006).

Kemudahan akses informasi menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan semua informasi terkait kesehatan perlu dikases secara cepat dan tepat sehingga  perlu dikelola dengan baik dan aman. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang aman dan lancar agar seluruh informasi yang didapatkan dapat digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan yang lebih optimal dan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.


Sumber:

Yani, A. (20180. Pemanfaatan teknologi dalam bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1).

Ghosh, D. (2006). Effect of mothers’ exposure to electronic mass media on knowledge and use of prenatal care services: a comparative analysis of indian states*. The Professional Geographer, 58(3), 278-293.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *