3 Teknologi Utama yang Mengubah Cara Kita Bekerja

Teknologi menjadi sangat terintegrasi dengan kehidupan kita sehari-hari sehingga mengubah tidak hanya di kehidupan kita, tapi juga cara kita bekerja. 3 teknologi utama dan dampaknya terhadap bisnis, begitu juga alasan kenapa penting bagi HR untuk mulai menerima teknologi ini ke depannya.

1. Teknologi Mobile
Penggunaan teknologi mobile telah mentransformasi cara kita menjalankan bisnis dengan lebih baik. Menurut hasil penelitian Economist Intelligence Unit, penggunaan teknologi mobile dapat membantu perusahaan meningkatkan loyalitas, kepuasan, produktifitas, dan kreatifitas karyawan. Karyawan yang menganggap perusahaan mereka sebagai pioner dalam mobile teknologi memiliki tingkat produktifitas yang lebih tinggi 16%, kreatifitas lebih tinggi 18%, kepuasan 23% dan loyalitas 21%, dibanding karyawan yang merasa perusahaan mereka kurang dalam menggunakan teknologi mobile.

Penting bagi professional HR untuk memanfaatkan penggunaan teknologi mobile untuk menarik lebih banyak talent. Investasi pada sistem aplikasi mobile untuk memperluas jangkauan ke talent pool dapat dilakukan. Komunikasi secara instan dapat dengan mudah dilakukan menggunakan teknologi mobile. Dengan memberikan respon dan feedback secara real-time kepada kandidat, mereka akan mendapat pengalaman yang lebih baik dan dapat meningkatkan employer branding perusahaan.

2. Media Sosial
Sosial media adalah salah satu bentuk teknologi lainnya yang telah mengubah cara informasi disebarkan di seluruh organisasi. Karyawan saat ini memiliki kemampuan untuk menyuarakan ide atau pendapat mereka dan menjadi pemimpin dalam topik apapun yang penting bagi mereka. Faktanya, sosial media membentuk era baru dalam transparansi bisnis di mana baik kandidat maupun karyawan menerima informasi yang lebih mendalam tentang bagaimana keadaan di dalam perusahaan.

Para profesional HR sebaiknya membangun eksistensi perusahaan yang kuat di sosial media dan menggunakannya tidak hanya untuk rekrutmen, tapi juga untuk membangun hubungan dengan melibatkan klien atau kandidat mereka dan kandidat potensial yang berkualitas yang bahkan tidak sedang aktif mencari kerja. Sosial media juga alat yang kuat bagi professional HR dan bisnis untuk memonitor dengan ketat aktifitas competitor mereka, dan untuk tetap mengikuti berita dan tren yang terjadi di industri mereka.

3. Cloud Computing
Cloud computing telah menjadi salah satu tren di dunia IT selama beberapa dekade. Sebagai platform untuk memberikan layanan computing melalui internet, teknologi ini dengan cepat berevolusi dan memberikan dampak tidak hanya pada departemen IT tapi juga semua departemen lainnya di sebua perusahaan secara virtual. Menurut update terbaru dari International Data Corporation, pengeluaran untuk layanan cloud di seluruh dunia diprediksi mencapai $150 miliar di tahun 2018, meningkat 23.2% dari 2017.

Salah satu keuntungan terbesar yang dapat diberikan cloud computing untuk HR adalah sentralisasi data. Hal ini berarti akses yang mudah ke data karyawan, semua dalam satu lokasi. Data HR dan informasi penting sekarang lebih dapat diakses oleh karyawan, menjembatani celah antara HR dan departemen lainnya. Hal ini juga berpotensi meningkatkan pengalaman karyawan, sehingga engagement karyawan pun menjadi lebih baik. Bagian terbaiknya adalah perangkat lunak HR untuk cloud computing sudah tersedia di mana-mana dengan harga lebih terjangkau, sehingga investasi untuk teknologi ini pun semakin menguntungkan.

HR professional yang mampu berpikir maju harus menerima fakta bahwa kemajuan teknologi ini akan tetap bertahan. Untuk memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, HR harus berkembang menjadi pemimpin yang membawa perubahan di dalam perusahaan. Seperti industri lainnya, HR perlu menerima perubahan dan menghindari sikap menghindari atau mengurung diri dengan hanya melakukan cara-cara lama dalam bekerja.


Sumber : https://www.jobstreet.co.id/id/cms/employer/3-teknologi-digital-yang-mengubah-cara-kita-bekerja/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *