3 Manfaat Artificial Intellegence (AI) dalam Industri Manufaktur

Infografis by Cindy Tamara Nababan

Artificial Intellegence ( AI ) adalah simulasi kecerdasan manusia dalam program mesin agar mesin tersebut dapat bertindak selayaknya manusia. Pengertian AIrtificial Intellegence juga diacu pada setiap proses termasuk pembelajaran,penalaran dan koreksi diri dengan sifat-sifat yang dikaitkan dengan pikiran manusia.

AI atau kecerdasan buatan menjadi penggerak revolusi industri 4.0 yang menjanjikan banyak kemudahan bagi sektor pemerintah maupun Industri. AI telah berkembang pesat dalam dekade terkahir. Penggunaannya banyak diimplementasikan di lintas sektor seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN),universitas dan pemerintahan. Hingga saat ini, AI sangat berperan besar dalam dunia industri manufaktur. Permasalahan sistem manufaktur dan perencanaan engineering ( sistem pabrikasi dan masalah design rancang-bangun) pada kenyataannya sangat kompleks dan sulit untuk diselesaikan melalui teknik konvensional. Dalam beberapa tahun terakhir ini Teknik kecerdasan buatan ( Artificial Intellegence ) atau disingkat AI mendapat perhatian dan mempunyai potensi sebagai Teknik optimasi dalam industri manufaktur. Berikut 3 manfaat AI dalam industri manufaktur

Algoritma Genetik (AG)

Penerapan AI denagn teknik algoritma genetic pada industri manufaktur telah digunakan sebagai optimasi fasilitas dan tata letak industri. Dimaulai dari toolbox penjadwalan model untuk job shop, flow shop and cellular manufacturing, pembentukan part dari prototype scheduler dan pembangunan penjadwalan yang mentransformasikan near optimal solution sampai pada penjadwalan shop floor yang paling valid.

Tabu Search (TB)

Teknik optimasi dengan melakukan penyelesaian masalah industri untuk menghindari pengulangan. Dalam industri manufaktur,teknik ini digunakan sebagai opmtimasi buffer dan ukuran penyimpanan dalam sistem manufaktur,selain itu juga digunakan sebagai optimasi batch pada lini perakitan.

Algoritme Immune System (AIS)

Sebagai salah satu algoritma optimasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.Sistem ini dibuat dengan cara peniruan tingkah laku dari sistem kekebalan tubuh manusia. Pengaplikasian algoritma immune dalam optimasi proses industri manufaktur yaitu dengan menghitung optimasi pada penjadwalan flow shop.


Sumber: https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/96/91

One Reply to “3 Manfaat Artificial Intellegence (AI) dalam Industri Manufaktur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *