3 Fakta Unik tentang Youtube

Di era modern ini semua orang pasti tau tentang YouTube, bahkan banyak orang bercita-cita menjadi YouTuber. Kemudahan dalam mengakses dan mengunggah video menjadi alasan utama situs ini dapat berkembang pesat. YouTube saat ini merupakan situs sharing video nomor 1 di dunia. Tak heran jika YouTube semakin digandrungi oleh masyarakat, karena mereka bebas berekspresi dan mengembangkan potensi serta bakat yang dimiliki dengan mengunggah video untuk ditonton orang lain. Berikut ini adalah 3 fakta unik tentang YouTube.

Dibeli oleh Google

Dengan capaian yang hebat itu, baru satu tahun lebih beberapa bulan sejak didirikan pada tahun 2015, Google yang dijuluki raksasa teknologi ini mengakuisisi YouTube senilai US$1,65 miliar atau setara Rp23 triliun pada November 2016. Pembelian YouTube adalah strategi Google mengamankan lahirnya zaman baru.

Google membutuhkan YouTube sebagai pengaman atas bisnis iklan yang dijalankannya. Sebelum membeli YouTube, Google telah menghabiskan uang yang cukup banyak guna mengamankan bisnis mereka. Misalnya, membayar 900 juta dolar AS pada MySpace dan News Corp guna membikin layanan pencarian Google sebagai ‘default’ di masing-masing situsweb. Lalu, Google pun membayar 1 miliar dolar AS pada AOL untuk hal serupa

Dengan begitu, perusahaan pimpinan Susan Wojcicki ini beroperasi sebagai anak perusahaan Google dan berkembang pesat hingga sekarang. Pendapatan YouTube pun berasal dari Google AdSense, program yang menargetkan iklan sesuai dengan konten dan audiens. Sehingga tak heran banyak masyarakat awam yang ingin berprofesi sebagai YouTubers

Video yang diupload

Pada 2018, disebut lebih dari 1 miliar user yang menggunakan YouTube setiap hari. Ada bukti lebih rinci lagi mengenai seberapa kecanduannya warganet terhadap YouTube. Tiap hari, pengguna YouTube di seluruh dunia nonton 4 miliar video, serta 6 miliar jam waktu tonton tiap bulannya. Tak hanya itu, ada 300 jam video yang diunggah setiap menitnya ke YouTube. Dibutuhkan waktu sekitar 6.000 tahun untuk bisa menonton semua video.

Konsep Awalnya Situs Video Kencan

Para founder YouTube memiliki tujuan lain untuk situs mereka pada awalnya, yaitu situs video kencan. Namun, semuanya berubah saat salah satu penciptanya memutuskan untuk mengganti fokus mereka ke website untuk berbagi video via internet ketika bencana Tsunami 2004 melanda Samudra Hindia dan kasus putting Janet Jakson yang terekam di Super Bowl.


Sumber :

www.nesabamedia.com

tirto.id

uzone.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *