3 Fakta Unik tentang Emas

Logam mulia merupakan jenis logam yang tahan terhadap korosi dan oksidasi. Salah satu logam yang termasuk dalam kategori logam mulia adalah emas. Emas dalam tabel periodik mempunyai lambang tersendiri yaitu Au atau kepanjangannya Aurum (akar Bahasa Latin). Aurum berarti shining dawn atau glow of sunrise. Jika arti Aurum tersebut diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia maka akan mendapatkan makna pancaran sinar matahari. Nama ini dipilih karena emas adalah logam yang memiliki kilauan yang sangat indah seperti korona (lingkaran sinar yang mengelilingi matahari).

Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Emas dikenal sebagai logam yang langka, mahal, dan memiliki sifat unik. Logam emas yang memiliki kadar kemurnian semakin tinggi akan semakin lunak logamnya. Oleh karena sifat logam yang terlalu lunak ini maka agak sulit bagi pengrajin untuk mempertahankan kemampuan logam ini untuk bertahan pada saat digunakan sehari-hari. Oleh karena itu emas harus dicampur oleh logam lain seperti perak, tembaga dan logam lain sehingga menghasilkan perhiasan emas yang memiliki tingkat ketahanan tinggi jika digunakan saat beraktivitas. Selain hal-hal yang sudah umum kita ketahui tentang emas, ada beberapa fakta unik yang terdapat pada emas. Berikut adalah 3 fakta unik emas yang wajib diketahui.

Emas dapat Dijadikan sebagai Makanan

Emas bukan hanya dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik dengan dijadikannya emas sebagai perhiasan tetapi dapat pula dicampur sebagai makanan yang dapat kita makan. Salah satu emas yang dapat dikonsumsi menjadi makanan adalah gold leaf. Gold leaf ini adalah emas yang berbentuk seperti lembaran tipis. Biasanya gold leaf ini dipakai pula untuk melapisi atau menyepuh pigura dan patung. Gold leaf dapat pula ditambahkan menjadi dekorasi pada makanan yang akan kita santap seperti donat, ice cream, dan lainnya. Gold leaf ini aman untuk digunakan karena telah memperoleh label food-grade. Label ini menandakan bahwa emas aman untuk dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan racun jika dicampur dengan berbagai jenis makanan.

Emas Ada pada Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik yang dimiliki oleh berbagai kalangan masyarakat ternyata mengandung emas, termasuk ponsel. Dalam jurnal Bermudan Current and Future Uses of Gold in Electronics yang ditulis oleh Paul Goodman, ditulis bahwa unsur logam emas dipakai sebagai bahan electroplating atau proses pelapisan logam dalam perangkat elektronik. Hal tersebut dilakukan karena emas adalah konduktor elektrik yang baik. Emas juga dimanfaatkan pada perangkat elektronik karena emas punya daya tahan kuat terhadap karat. Diperkirakan satu unit ponsel rata-rata memiliki kandungan 0,2 gram emas. Emas biasanya ada pada kartu SIM, papan logic, serta komponen-komponen di balik layar LCD.

Emas adalah Hasil dari Hujan Meteor

Emas berasal dari luar angkasa. Hal ini berdasarkan pendapat Ilmuwan Dr. Matthias Willbold dan Profesor Tim Elliott telah membuktikan bahwa logam mulia di Bumi, termasuk emas, merupakan hasil dari hujan meteor terhadap planet Bumi. Keduanya adalah ilmuwan dari Bristol Isotope Group di School of Earth Sciences, Bristol University. Ilmuwan di Smithsonian Center for Astrophysics, Universitas Harvard juga telah mengamati ledakan sinar yang diduga menjadi sumber kekuatan yang berperan dalam seluk beluk terbentuknya emas. Teori mereka juga memperlihatkan, emas sampai ke Bumi diangkut oleh hujan meteor dari luar angkasa, yang terjadi setelah terbentuknya Bumi 4,5 miliar tahun lalu.


Sumber :

https://www.cekaja.com/investasi/news/146709-harganya-sedang-moncer-ini-fakta-fakta-unik-tentang-emas.html

https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/THK/article/download/866/pdf

https://sahabatpegadaian.com/emas/menarik-ini-5-fakta-unik-emas-yang-harus-anda-ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *