3 Fakta Revolusi Industri 4.0

Infografis by Marliana Diah Hapsari

Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah industri 4.0 yang sudah banyak dibicarakan di berbagai media masa. Revolusi industri merupakan perubahan cara hidup dan proses kerja manusia secara fundamental yang disertai dengan kemajuan teknologi informasi dapat mengintregrasikan dunia kehidupan dengan digital yang dapat memberikan dampak bagi seluruh disiplin ilmu. Revolusi industri 4.0 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan bermasyarakat, baik dari aspek ekonomi, sosial, pendidikan, maupun budaya. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan berkembang pesatnya komputerisasi dan hadirnya internet. Dengan hadirnya  internet, proses penerimaan informasi menjadi sangat cepat. Ada beberapa hal menarik tentang revolusi indutri 4.0. Berikut 3 fakta terkait revolusi industri 4.0.

Berasal dari Jerman

Istilah Industri 4.0 mulai digaungkan di Jerman saat diadakan Hannover fair pada tahun 2011. Industri 4.0 menjadi bagian dari kebijakan rencana pembangunan Jerman yang disebut High-Tech Strategy 2020. Kebijakan tersebut digunakan untuk menjadikan Jerman negara terdepan dalam dunia manufaktur.

Mengenal Big Data

Big Data merupakan suatu  istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big data menjadi popular karena perkembangan internet yang pesat dan berhubungan dengan banyak data.  Big data akan sangat membantu perkembangan revolusi industri 4.0 karena dapat menyediakan banyak data yang sangat diperlukan untuk pengembangan berbagai aspek di masyarakat.

Menjadi Tantangan Besar bagi Manusia

Revolusi industri 4.0 akan membawa banyak perubahan dengan segala konsekuensinya, industri akan semakin kompak dan efisien. Namun ada pula risiko yang mungkin muncul, misalnya berkurangnya Sumber Daya Manusia karena digantikan oleh mesin atau robot. Era digital telah telah mendorong dunia ke arah revolusi industri 4.0 yang dicirikan oleh perpaduan teknologi yang mengaburkan batas antara fisik, digital, dan biologis. Hal ini ditandai dengan hadirnya sejumlah terobosan teknologi baru di sejumlah bidang, di antaranya adalah robotika, kecerdasan buatan, blockchain, IoT, dan lain sebagainya.


Sumber: https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/83/80

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *