3 Fakta Menarik tentang Bunglon

Reptil merupakan hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Kebanyakan orang menggangap bahwa sebagian besar hewan yang termasuk jenis reptil sangat menjijikan. Jenis dari hewan reptil sangatlah banyak, salah satunya kadal. Salah satu jenis kadal yang menarik adalah bunglon. Bunglon sendiri terdiri dari banyak jenis, diantaranya Parson’s chameleon, Panther chameleon, Brookesia micra, Malagasy giant chameleon, dan masih banyak lagi. Terkenal dengan kemampuan mimikrinya, yang diketahui secara umum untuk mengelabuhi musuhnya. Ternyata bunglon memiliki kemampuan yang tidak kalah unik lainnya. Berikut ini merupakan beberapa kemampuan unik bunglon.

Merubah Warna Kulitnya

Seperti yang kita tahu, bunglon dapat merubah warna kulitnya untuk kamuflase atau yang dikenal dengan mimikri. Namun ternyata tidak hanya untuk mengelabuhi musuhnya saja, tetapi bunglon merubah warna kulitnya untuk menjaga suhu tubuhnya dan juga menunjukan emosinya. Ketika bunglon mengalami perubahan suhu tubuh dan suasana hatinya, sistem sarafnya akan memberitahu kromatofora yang bertugas untuk mengatur sel warna. Seperti saat bunglon merasa tubuhnya terlalu panas, ia akan mengubah warna kulitnya menjadi lebih cerah, yang bertujuan untuk memantulkan panas matahari, begitu pula saat bunglon merasa tubuhnya terlalu dingin, ia akan merubah warna kulitnya menjadi lebih gelap agar menyerap panas. Selain itu, bunglon menunjukan suasana hatinya dengan mengganti warnanya, seperti bunglon jantan yang merubah warna kulitnya menjadi lebih terang, untuk menunjukan sifat agresif, serta saat merasa tidak nyaman, bunglon akan merubah warna kulitnya menjadi lebih gelap.

Memiliki Lidah yang Panjang dan Cepat

Lidah merupakan senjata utama bunglon dalam mencari mangsa. Hal ini dikarenakan bunglon memiliki lidah yang panjangnya dua kali lebih panjang dari tubuhnya. Selain panjang, lidah bunglon memiliki akselerasi yang sangat cepat. Jika diasumsikan bahwa lidah bunglon adalah mobil, ia dapat berakselerasi dari 0 hingga 96 km per jam di dalam 1/100 detik. Seperti lidah dari jenis bunglon Rhampholeon spinosus mampu menghasilkan akselerasi 264 lebih cepat dari pada akselerasi gravitasi. Rahasia dibalik lidah bunglon ialah lapisan jaringan dengan keelastisan super, yang dapat dilipat seperti sebuah akordion.

Mata Bunglon Dapat Memutar 360º dan Dapat Melihat 2 Objek di Waktu yang Bersamaan

Kelopak mata atas dan bawah bunglon bergabung, dengan lubang kecil bagi pupil untuk melihat. Uniknya mata bunglon dapat memutar hingga 360º sehingga memungkinkan bunglon untuk melihat sekeliling tubuh mereka. Selaini itu, mata bunglon juga dapat melihat kedua arah yang berlawanan, sehingga bunglon mampu melihat dua objek secara bersamaan. Selain itu, bunglon memiliki pengelihatan yang baik, sehingga bunglon mampu melihat mangsanya (serangga kecil) yang berada 10 meter jauhnya.


Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Reptil

www.idntimes.com

nationalgeographic.grid.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *