Press Release PJTD Kinetika 2018

LPM Kinetika UNDIP telah melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Semarang pada hari Jumat, 9 November 2018. Pelatihan ini diadakan di kantor Radar Semarang yang berada di jalan Veteran Kota Semarang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 38 orang yang terdiri atas crew LPM Kinetika dan juga calon crew Kinetika Batch 2019.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar merupakan pelatihan yang diselenggarakan oleh LPM Kinetika yang dikhususkan untuk calon crew Kinetika. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali calon crew Kinetika dengan ilmu dasar mengenai kejurnalistikan, kode etik jurnalistik dan bagaimana proses pembentukan berita sebelum disebarluaskan.

Acara PJTD dimulai dengan sambutan oleh Pemimpin Umum LPM Kinetika, Hafiz Pratama, dan juga Redaktur Radar Semarang, Bapak Pratono. Setelah itu acara dilanjutkan ke pemaparan materi dan diskusi antara peserta PJTD dengan Bapak Pranoto dengan bahasan utama tentang kode etik jurnalistik dan proses produksi dan perancangan koran. Kemudian acara dilanjutkan dengan melihat langsung proses layouting koran Jawa Pos Radar Semarang.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar sendiri merupakan pelatihan yang sangat penting bagi calon crew kinetika sebelum terjun ke dunia kejurnalistikan. Kode etik jurnalistik sendiri salah satu dasar terpenting yang harus dimiliki setiap calon crew karena ketika menjadi seorang jurnalis tak lepas dari yang namanya himpunan etika dalam berprofesi. Peserta pelatihan tak lupa juga diberikan pengalaman bagaimana proses pembuatan koran mulai dari tahapan perancangan, layouting, hingga proses distribusi hingga ke tangan pelanggan.

Antusiasme peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini sangat tinggi yang dibuktikan dengan keaktifan peserta untuk saling bertanya dan bertukar pikiran pada saat diskusi berlangsung. Acara diakhiri dengan pemberian plakat oleh Pemimpin Umum LPM Kinetika kepada Redaktur Jawa Pos Radar Semarang dan sesi foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *