Access Mars : Berpetualang di Mars Lewat VR

Tentulah perjalanan ke luar angkasa menjadi sebuah hal yang didambakan oleh seluruh penduduk di dunia. Salah satu planet yang menjadi tujuan kunjungan astronot baru-baru ini ialah planet Mars. Namun, tidak perlu sampai menjadi astronot. Karena sekarang, perjalanan planet Mars dapat dilakukan sendiri di rumah menggunakan teknologi Virtual Reality (VR).

Pasalnya, Google dan NASA baru-baru ini bekerja sama mengembangkan konten VR yang dapat menghasilkan pengalaman luar biasa di planet Mars. Lewat proyek bernama “Access Mars“, pengguna dapat menyaksikan wujud Mars.

Demi menghadirkan kesan tampilan yang sungguhan, Google menggunakan gambar-gambar bidikan Curiosity Rover atau mobil NASA yang bertugas untuk mengeksplorasi planet merah tersebut.

Diberitakan Tech Times, Kamis (26/10/2017), pengguna dapat berjalan dan melihat langsung permukaan Mars secara virtual. Menurut Google, proyek ini bakal menampilkan pembaruan data secara berkelanjutan sehingga pengguna bisa melihat kemana saja mobil rover itu menjelajah Mars.
Adapun VR bekerja berdasarkan software di Laboratorium Propulsi Jet NASA yang dapat membantu para ilmuwan untuk merencanakan dan mengatur operasional mobil Curiosity Rover.
Saat ini konten “Access Mars” dapat dinikmati pada beberapa headset VR yang ada di pasaran, seperti Oculus, Gear VR, Daydream, Google Cardboard, dan HTC Vive.
Produser interaktif di Lab Creative Google, Ryan Burke menyatakan bila konten VR ini dikembangkan dengan menggunakan WebVR. Sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna melihat VR di peramban tanpa aplikasi. Pengguna dapat menikmatinya dengan VR headset di ponsel maupun laptop.
Sekadar informasi, Curiosity Rover diluncurkan di Florida, Amerika Serikat, pada 26 November 2011. Visi utama peluncuran Curiosity adalah mencari tahu apakah Mars layak dihuni manusia di masa depan.

Sumber : Liputan6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *