Ahmed Hassan Zemail

Ahmed Hassan Zemail
Oleh Monica Yulfarida

Ahmad Hassan Zemail adalah seorag ilmuwan muslim yang lahir pada tanggal 26 Februari 1946 di Damanhur, Mesir. Dr. Zemail menjadi tokoh pakar sains Mesir yang telah memenangkan Hadiah Nobel 1999 dalam bidang kimia. Dr. Zemail juga merupakan ilmuan muslim kedua setelah Prof. Abdus Salam dari Pakistan yang menerima penghargaan tersebut.Minatnya dalam bidang matematika dan kimia bermula sejak kecil hingga beliau pernah membuat beberapa buah alat uji kaji termasuk sebuah perlengkapan dan alat pembakar milik ibunya yang digunakan untuk membuat kopi. Selain mendalami kedua bidang tersebut, beliau juga sangat menyuaki musik. Beliau tidak begitu menyukai ilmu sosial karena memerlukan kemampuan mengingat suatu objek, sedangkan beliau lebih menyukai bertanya “kenapa” dan “bagaimana”. Kedua orang tua beliau begitu mengharapkannya menjadi seorang profesor. Sehingga sejak kecil orang tuanya telah meletakkan tanda nama “Dr. Ahmed” di bilik bacaannya.

Selain menjadi tokoh pakar sains Mesir, Dr. Zemail merupakan seorang profesor Fisika dan Kimia di Caltech. Karya yang dibuatnya adalah sebuah penemuan Fetokimia yaitu sebuah studi mengenai reaksi kimia melintasi femtoseconds yang menggunakan teknik laser ultara cepat. Menggunakan teknik laser ultra cepat (terdiri dari cahaya laser ultrapendek), teknik ini memberikan reaksi pada tingkat atom yang dilihat sebagai bentuk kehebatan tinggi dari cahaya fotografi.

Ahmah Hassan Zemail menikahi seorang ahli obat – obatan di Universitas California, Los Angeles (UCLA), Dema Zemail yang kemudian menetap di San Marino, California bersama empat anaknya. Dr. Zemail juga seorang mantan Linus Pauling di bidang Fisika Kimia pada tahun 1990 di California Institute of Technology, Pasadena. Pada 2 Agustus 2016 beliau meninggal dunia saat berusia 70 tahun.


Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Ahmed_Zemail

http://profil.merdeka.com/mancanegara/a/ahmed-hassan-zemail/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *