Ilmuwan Ciptakan Otot Buatan Untuk Robot

Berbagai robot telah banyak dikembangkan oleh para ilmuwan. Namun untuk robot yang dibangun dengan bahan yang lunak, seringkali mereka tidak sekuat robot yang kaku. Hal ini mengantarkan pada gagasan untuk mengembangkan otot tiruan yang ekonomis dan dirancang untuk memberikan kekuatan pada robot berbahan lembut.

Otot buatan dikembangkan oleh tim dari Wyss Institute di Harvard University dan Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) MIT. Tim ini hanya menggunakan tekanan udara atau air untuk membantu robot berbahan lunak dalam mengangkat benda bahkan hingga seribu kali bobotnya sendiri.

Otot buatan ini juga memungkinkan robot untuk membungkuk dengan mode yang lentur tak sekaku robot pada umumnya.

Otot buatan terdiri dari kerangka dalam yang bisa dibuat dari berbagai bahan termasuk metal coil, atau folded plastik dan dikelilingi oleh udara atau cairan. Gerakan otot dipicu saat vakum dibuat dalam kulit yang rapuh di sekitar kerangka, menyebabkan ketegangan pada struktur yang berakibat pada pergerakan.

Jenis gerakannya dikendalikan oleh bentuk kerangka, yang artinya pemrosesan sistem dan algoritma kontrol yang kompleks kemungkinan melebihi persyaratan.

“Salah satu aspek kunci dari otot –otot ini adalah bahwa mereka dapat diprogram, dalam artian merancang kerangka lipatan mendefinisikan bagaimana keseluruhan struktur bergerak,” jelas Shuguang Li, Ph.D, seorang Fellow Postdoctoral di Institut Wyss dan CSAIL MIT.

Para peneliti telah membangun sejumlah robot lunak yang berbeda untuk menunjukkan kemampuan otot buatan yang mereka kembangkan. Mereka melaporkan bahwa otot buatannya ringan dan sangat kuat. Mereka juga mengklaim bahwa satu aktuator 2.6 gram mampu mengangkat benda seberat 3 kilogram.


Sumber : OkeZone Techno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *