Hermann Von Fehling

Hermann von Fehling

Oleh Tiyani Adlina

Hermann von Fehling adalah seorang kimiawan Jerman yang terkenal dalam mengembangkan larutan Fehling yang digunakan untuk menguji adanya kandungan glukosa. Larutan Fehling itu dikenal sebagai larutan tembaga sulfat dicampur dengan alkali dan kalium natrium tartrat (garam Rochelle).

Larutan Fehling digunakan untuk menguji kandungan gula tereduksi (monosakarida atau disakarida) dalam suatu sampel. Pengujian secara kualitatif ini berdasarkan keberadaan gugus aldehida atau keton yang bebas. Larutan Fehling dibagi atas dua macam yaitu larutan Fehling A (Tembaga(II) sulfat atau CuSO4) dan larutan Fehling B (KOH dan Natrium kalium tartarat). Ketika larutan basa dari kuprik hidroksida dipanaskan dalam sampel yang mengandung gula tereduksi, hasil yang didapatkan adalah warna kuning yang tidak larut atau warna merah kurprik oksida.

 

Larutan Fehling akan bereaksi dengan monosakarida (glukosa, fruktosa, galaktosa) dan disakarida (laktosa dan maltosa) yang memiliki gugus aldehida dan keton bebas. Akan tetapi sukrosa tidak memiliki gugus aldehida dan keton bebas, sehingga sukrosa tidak dapat dideteksi dengan larutan Fehling.

 

Hermann von Fehling lahir 9 Juni 1812 di Lübeck, Jerman. Dengan tujuan mengambil ilmu farmasi, ia memasuki Universitas Heidelberg sekitar tahun 1835. Setelah lulus ia pergi ke Gießen sebagai murid Justus von Liebig, dengannya, Fehling dapat memahami tentang komposisi paraldehid dan metaldehid. Pada tahun 1839, atas rekomendasi Liebig, ia diangkat menjadi kimiawan di politeknik di Stuttgart, posisi yang dipegangnya selama lebih dari 45 tahun.

 

Selain larutan Fehling, karya Fehling yang terkenal yaitu penyelidikan asam suksinat, persiapan fenil sianida (lebih dikenal sebagai benzonitril), dan nitril sederhana dari seri aromatik. Sebagian besar waktunya dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan tentang teknologi dan kesehatan masyarakat bukan dengan kimia murni. Dia adalah seorang kontributor Handwörterbuch dari Liebig, Friedrich Wöhler dan Johann Christian Poggendorff, serta Graham-Otto Textbook of Chemistry. Selama bertahun-tahun dia menjadi anggota panitia revisi Farmakope germanica.

Hermann von Fehling Meninggal pada 1 Juli 1885 di Stuttgart, Jerman.

 

Sumber:

wikipedia.org & theodora.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *