Press Release Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar LPM Kinetika

 

Pada hari Sabtu (11/11/2017) telah dilaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar oleh LPM Kinetika yang bekerjasama dengan Semarang TV. Pelatihan ini bertempat di Semarang TV dihadiri oleh crew-crew Kinetika dan cacrew Kinetika yakni calon crew Kinetika Batch 2018.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar merupakan salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh LPM Kinetika yang dikhususkan untuk calon crew Kinetika Batch 2018. Pelatihan ini tujuannya untuk membekali mereka, calon crew kinetika, mengenai ilmu jurnalistik yakni ilmu dasar sebagai seorang jurnalis dan penyiaran di televisi.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Megaria dan Ester, crew Litbang yang merupakan Master of Ceremony pada Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Dilanjutkan dengan sambutan dari Mba Tri selaku pihak SDM Semarang TV dilanjutkan sambutan dari Pemimpin Umum Kinetika yakni Muhammad Iqbal. Setelah itu masuk ke acara inti.

Acara inti pada pelatihan ini tak lain dan tak bukan yaitu Jurnalistik Tingkat Dasar. Materi utama tentang Kode Etik Jurnalistik dan Jurnalistik Televisi dibawakan oleh Sidang Dewanto selaku News Producer Semarang TV.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar sendiri merupakan pelatihan yang sangat penting bagi calon crew kinetika sebelum terjun meraungi dunia kejurnalistikan di Kinetika maupun yang ingin berkiprah di dunia jurnalistik nantinya. Kode etik jurnalistik sendiri salah satu dasar terpenting yang harus dimiliki setiap calon crew karena menjadi jurnalis tak lepas dari yang namanya himpunan etika dalam berprofesi. Tak kalah penting dari kode etik jurnalistik, pelatihan jurnalistik televisi juga menjadi bagian yang sudah seyogyanya diberikan kepada calon crew kinetika untuk membekali mereka ilmu-ilmu dalam proses mencari dan menyajikan informasi untuk disiarkan melalui salah satu media informasi yakni televisi.

Agar materi yang disampaikan dapat terserap langsung oleh para cacrew, maka pemberian materi didampingi dengan adanya simulasi. Sebelum dilakukannya simulasi, pihak Semarang TV memberi kesempatan untuk melihat siaran langsung dari presenter sehingga cacrew paham cara kerja siaran dalam televisi. Simulasi dari pelatihan jurnalistik televisi ini adalah cacrew melakukan simulasi peliputan sebuah acara yang melibatkan seorang reporter, presenter dan narasumber. Dari simulasi tersebut, masing-masing cacrew diminta untuk berperan sebagai reporter, presenter dan narasumber dipandu oleh Sidang Dewanto agar paham tatacara yang benar dalam mencari dan menyajikan informasi.

Selain simulasi, para cacrew diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. Tanya jawab ini diperuntukkan agar mereka dapat memahami seutuhnya materi terkait.

Antusiasme peserta pada pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini sangat tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang aktif bertanya serta keaktifan peserta saat simulasi berlangsung. Acara diakhiri dengan dilakukannya tur di dalam ruang kerja Semarang TV.

Lihat juga Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar LPM KInetika pada siaran ulang Seputar Jawa Tengah Malam di link:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *