Press Release Pelatihan Reportase dan Lobbying

Pada hari Minggu (22/10/2017) telah dilaksanakan Pelatihan Reportase dan Lobbying oleh LPM Kinetika. Pelatihan ini dihadiri oleh crew-crew Kinetika dan cacrew Kinetika yakni calon crew Kinetika Batch 2018.

Pelatihan Reportase dan Lobbying merupakan salah satu pelatihan yang diselenggarakan oleh LPM Kinetika yang dikhususkan untuk calon crew Kinetika Batch 2018. Pelatihan ini tujuannya untuk membekali mereka, calon crew kinetika, agar mendapatkan ilmu jurnalistik yakni ilmu reportase dan ilmu lobbying.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Shabrina dan Mahdhika Yoga, crew Litbang yang merupakan Master of Ceremony pada Pelatihan Reportase dan Lobbying. Dilanjutkan dengan sambutan Pemimpin Umum Kinetika yakni Muhammad Iqbal. Setelah itu masuk ke acara inti.

Acara inti pada pelatihan ini tak lain dan tak bukan yaitu Pelatihan Reportase dan Lobbying. Materi pertama tentang Reportase dibawakan oleh Binarsih Nawan Hanayati selaku Pemimpin bidang Redaksi.

Pelatihan reportase sendiri merupakan pelatihan yang sangat penting bagi calon crew kinetika sebelum terjun meraungi dunia kejurnalistikan di kinetika nantinya. Reportase sendiri salah satu dasar yang harus dimiliki setiap calon crew karena menjadi jurnalis tak lepas dari yang namanya reportase.

Agar materi yang disampaikan dapat terserap langsung oleh para cacrew, maka pemberian materi didampingi dengan adanya simulasi. Simulasi dari pelatihan reportase ini adalah cacrew melakukan simulasi peliputan sebuah acara yang melibatkan seorang reporter dan dua orang narasumber. Dari simulasi tersebut, masing-masing cacrew diminta untuk menuliskan hasil reportasenya dalam bentuk paragraf berisi ulasan dari reportase yang telah disimulasikan.

Selain simulasi, para cacrew diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. Tanya jawab ini diperuntukkan agar mereka dapat memahami seutuhnya materi terkait.

Tak kalah penting dari pelatihan reportase, pelatihan lobbying juga menjadi bagian yang sudah seyogyanya diberikan kepada calon crew kinetika untuk membekali mereka ilmu-ilmu lobbying. Lobbying pun menjadi dasar yang seharusnya tertanam pada masing-masing calon crew kinetika.

Pelatihan Lobbying dan juga Sponsorship ini diberikan oleh Cryspalina Dwiocta Caroline selaku Pemimpin bidang Perusahaan. Lobbying merupakan skill dasar yang seharusnya dikuasai oleh anggota suatu organisasi. Dimana skill lobbying ini sangat diperlukan tatkala hendak mengajukan sponsor, melakukan kerja sama dan menjalin relasi dengan partner kerja. Oleh sebab itu pelatihan Lobbying dan Sponsorship ini diberikan kepada calon crew agar mereka memiliki dasar-dasar dari ilmu lobbying dan sponsorship itu sendiri. Sama halnya dengan pelatihan reportase, pelatihan lobbying dan sponsorship ini didampingi dengan simulasi dan tanya jawab.

Antusiasme peserta pada pelatihan reportase dan lobbying ini sangat tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang aktif bertanya dan menjawab serta keaktifan peserta saat simulasi berlangsung. Acara diakhiri dengan penutup oleh kedua MC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *