Semen Glow in the Dark

1483275706671

SEMEN GLOW IN THE DARK
Oleh: Athaya

Teknologi glow in the dark sekarang tidak hanya diaplikasikan pada industri konveksi maupun elektronik melainkan sudah merambah hingga industri semen. Baru-baru ini, ilmuwan Meksiko bernama Jose Carlos Rubio Avalos

menemukan semen glow in the dark atau yang mampu nyala dengan terang ketika malam hari. Rubio mengatakan untuk menyerap dan memancarkan cahaya, dia menambahkan sebuah bahan photoactive dalam semen tersebut.

Di awal proses pembuatan beton, semen bubuk ini cukup dicampur dengan air kemudian mulai memadat membentuk gel. Semen masuk dalam bentuk kristal. Serpihan kristal tersebut merupakan bagian yang tidak penting sehingga Rubio meniadakannya dengan cara mengubah mikro strukturnya sehingga membuat serpihan itu tidak muncul. Hasilnya adalah semen tanpa kristal tersebut mampu menyerap sinar matahari di waktu siang hari dan melepaskannya pada malam hari.

Penemuan ini diyakini dapat menjadi perubahan besar industri semen, buktinya kini Rubio mendapat banyak permintaan terkait penemuannya untuk aplikasi jalan tol, jalur sepeda, pembuatan rumah, hingga kolam renang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *