MERCEDES Penghasil Biogas dan Pupuk Cair

“MERCEDES : Mesophilic Reactor Anaerobic Digestion Sebagai Penghasil Biogas
dan Pupuk Cair Dalam Upaya Desa Mandiri Energi di Desa Calombo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang”

mercedes webIndonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai jenis ekosistem air yang kaya akan spesies flora maupun fauna. Namun hubungan saling ketergantungan ini akan rusak apabila terdapat gangguan pada salah satu tingkatan populasinya. Sebagai contoh masalah yaitu adanya peledakan populasi atau biasa dikenal dengan istilah blooming.

Dari hasil tinjauan praktis, ternyata beberapa wilayah di Indonesia mengalami peristiwa ini, salah satunya yakni Rawa Pening di Kabupaten Semarang. Blooming yang ada di Rawa Pening disebabkan oleh limbah rumah tangga yang berlebihan di sekitar rawa sehingga berakibat pada meledaknya populasi eceng gondok
(Eichhornia crassipes) di permukaan air.

Mengingat itu semua maka perlu dilakukan berbagai upaya penanganan dalam rangka mengurangi jumlah populasi eceng gondok di Rawa Pening yang akhirnya mengarah pada penanggulangan populasi eceng gondok yang berlebihan. Untuk itulah melalui program kreativitas mahasiswa (PKM) Lima mahasiswa Teknik Kimia Undip Alfiyanti, Indra Riadi, Istiana Norita R., Noor Hanifah A.P., dan Deo Reynaldo A. bersama masyarakat dusun Calombo, Kec. Tuntang, Kab. Semarang membuat Mesophilic Reactor Anaerobic Digestion ( MERCEDES)  sebagai penghasil biogas dan pupuk cair.

“Tahapan awal yang perlu di lakukan untuk menghasilkan biogas dan pupuk cair yaitu, Pretreatment dengan mencacah dan mengurangi kadar air pada eceng gondok. Pretreatment  ini perlu dilakukan agar dapat menghasilkan biogas optimum dan kinerja bakteri methanogen semakin optimal serta menghasilkan waktu tinggal yang singkat. Setelah pretreatment lalu menuju mesophilic reactor anaerobic digestion untuk menghasilkan biogas dan pupuk cair. Biogas yang dihasilkan akan menuju ke pipa untuk disalurkan langsung ke kompor, sedangkan pupuk cair akan menuju liquid fertilizer storage” ujar Alfiyanti, ketua tim.

Dengan “MERCEDES” ini hasil pencacahan eceng gondok nantinya akan dikonversi menjadi biogas dan pupuk cair yang diolah melalui proses fermentasi
anaerobic. Lewat produksi ini diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat Calombo dengan memenuhi kebutuhan energi mereka serta produk pupuk cair yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan petani Dusun Calombo.

2 Replies to “MERCEDES Penghasil Biogas dan Pupuk Cair”

  1. It’s perfect time to make a few plans for the long
    run and it’s time to be happy. I have learn this put up and if I may I want to counsel you few attention-grabbing
    things or advice. Perhaps you can write next articles
    referring to this article. I want to learn even more things about it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *