Mengenal Kinetika Lebih Dekat

Apa sih Kinetika itu?

10568828_10202169054407748_5200127251470912798_n

Kinetika merupakan organisasi pers kemahasiswaan yang kegiatan utamanya adalah menerbitkan majalah ilmiah sebagai salah satu media massa kampus. Kinetika merupakan biro otonom di Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro yang independen serta berkoordinasi dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia dan biro-biro lain yang ada di lingkungan Teknik Kimia.

Tujuan dari Kinetika adalah :

(1) Mewujudkan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro sebagai sumber daya manusia yang andal di bidang akademik dan jurnalistik

(2) Menyampaikan info tekno industri dan aspirasi mahasiswa teknik kimia dalam bentuk media jurnalistik

(3) Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Kinetika memang memusatkan dirinya pada dunia jurnalistik. Tapi bukan itu saja yang kami lakukan. Kinetika terbagi menjadi 3 bidang. Yuk kita cari tahu lebih dalam mengenai bidang-bidang ini.

1. Bidang Redaksi

Bidang Redaksi wajib ada di dalam biro jurnalistik manapun. Bidang Redaksi dapat dikatakan berfungsi sebagai dapur dimana informasi-informasi yang dikumpulkan digodok sehingga menghasilkan produk berupa majalah, buletin, dan steam yang ditempel di mading Kinetika.

Tapi ternyata bukan hanya itu saja, ternyata Redaksi juga bertugas atas kegiatan reportase secara langsung, penulisna artikel, fotografi, artistik, dan editing. Dalam setiap kegiatannya masing-masing crew redaksi dibimbing oleh redakturnya masing-masing yang bertanggung jawab langsung kepada Pemimpin Redaksinya. Kelihatannya sangat serius ya? Nggak kok nggak sampai seserius itu, banyak kegiatan yang dilakukan bersama-sama misalnya menentukan tema majalah, membuat mading, sampai melakukan reportase secara langsung kepada narasumber yang kompeten di bidangnya pasti menambah pengalaman dalam bidang jurnalistik.

2. Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)

Bidang Litbang juga tidak kalah pentingnya bagi sebuah organisasi. Bidang ini terdiri dari sekelompok crew-crew yang handal yang memiliki rasa peduli kepada sesamanya. Kegiatan yang dilakukan di bidang ini tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia dan juga hubungan dengan masyarakat. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh crew litbang adalah merencanakan suatu acara yang semakin mendekatkan antar crew, juga mengadakan pelatihan-pelatihan misalnya pelatihan website, jurnalistik, layout dan editing, dan lain-lain. Semua kegiatan yang dilakukan dalam bidang ini dikepalai oleh Manager-manager yang kompeten yang masing-masing bertanggung jawab kepada Pimpinan Litbang.

3. Bidang Perusahaan

Bidang Perusahaan merupakan tempat bagi para crew yang mempunyai kemampuan lobbying yang unggul. Mengapa? Karena bidang ini merupakan bidang yang mendukung secara financial untuk misalnya penerbitan majalah juga masalah operasional Kinetika misalnya pelatihan, Open House, serta acara rekreasi crew. Kegiatan yang dilakukan oleh bidang ini adalah penggalangan dana lewat sponsorship, produksi dan pemasaran majalah serta inventarisasi. Kegiatan yang nyata dilakukan oleh bidang ini adalah berkunjung ke Bagian Hubungan Masyarakat dari pabrik tertentu dan mengajukan proposal kerjasama dalam pendanaan kegiatan Kinetika. Seru kan bisa berbicara langsung dengan berbagai macam orang? Semua kegiatan ini dipimpin langsung oleh Manager-Manager yang bertanggung jawab kepada Pemimpin Perusahaannya.

Jadi dari uraian diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Kinetika, walaupun sebuah biro jurnalistik namun juga penuh warna-warni kegiatan didalamnya. Kinetika juga merupakan sebuah keluarga yang kecil, namun penuh kehangatan. Di dalam Kinetika kita dapat berkreasi bersama, tertawa bersama, dan menghasilkan kegiatan yang bermakna untuk sesama. Kinetika, Be Professional!

One Reply to “Mengenal Kinetika Lebih Dekat”

  1. Ping-balik: Jay

Comments are closed.